Jenis Keputihan Saat Hamil

Keputihan secara umum dibagi menjadi dua, yaitu keputihan normal (wajar) dan keputihan abnormal (tidak wajar). Keputihan pada wanita datang dalam kondisi-kondisi tertentu termasuk ketika kondisi wanita sedang hamil.

Jenis keputihan saat hamil sebetulnya masuk pada jenis keputihan normal (wajar). Secara ilmu kesehatan keputihan tersebut juga biasa disebut dengan istilah keputihan fisiologis. Dinamakan demikian karena keluarnya keputihan disebabkan oleh faktor-faktr fisiologis seperti cape, mendapatkan rangsangan seksual dan hamil.

Secara waktu keluar dan  bentuknya, Keputihan fisiologis biasanya terjadi menjelang dan sesudah menstruasi, mendapatkan ransangan seksual, mengalami stres berat, sedang hamil atau mengalami kelelahan. Adapun cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal. Keputihan semacam ini merupakan sesuatu yang wajar, sehingga tidak diperlukan tindakan medis tertentu.

Mengenal Keputihan

Keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari vagina selain darah haid (Kasdu. 2005.hlm.37). Keputihan (flour albus) adalah gejala keluarnya getah atau cairan vagina yang berlebihan sehingga sering menyebabkan celana dalam basah (Pudiastuti. 2010. hlm.15).

Keputihan adalah kondisi vagina saat mengeluarkan cairan atau lendir menyerupai nanah (Bahari. 2012.hlm. 9).

Berdasarkan ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan keputihan adalah suatu cairan putih yang keluar dari liang vagina secara berlebihan dan tidak berupa darah.

Jenis Keputihan

Ada 2 jenis keputihan yang dijelaskan oleh Ayuningsih, Teviningrum dan Krisnawati (2009, hlm. 27),yaitu:

1. Keputihan normal (fisiologis)

Keputihan fisiologis biasanya terjadi menjelang dan sesudah menstruasi, mendapatkan ransangan seksual, mengalami stres berat, sedang hamil atau mengalami kelelahan. Adapun cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal. Keputihan semacam ini merupakan sesuatu yang wajar, sehingga tidak diperlukan tindakan medis tertentu.

2. Keputihan abnormal (patologis)

Keputihan patologis disebut keputihan dengan ciri-ciri jumlahnya banyak, warnanya putih seperti susu basi, kuning atau kehijauan, disertai dengan rasa gatal dan pedih, terkadang berbau busuk atau amis. Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan (tumor dan kanker), serta adanya benda asing. Namun tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel