Struktur Skripsi

- Februari 22, 2020
Skripsi bagi mahasiswa S-1 adalah karya ilmiah yang mesti dibuat apabila yang bersangkutan ingin segera mendapatkan gelar sarjana, sebab skripsi merupakan salah satu syarat agar dapat memperoleh gelar tersebut selain menyelesaikan seluruh mata kuliah yang diajarkan. Namun dalam membuat skripsi mahasiswa tentunya tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya. Mahasiswa harus benar dalam melakukan penyusunannya, sesuai dengan struktrur skripsi yang berlaku di kampusnya masing-masing.

Struktur skripsi secara umum terdiri dari 5 bab inti, masing-masing bab antara skripsi kuantitatif dan kualitatif berbeda, hal tersebut dikarenakan kanudngan skripsi kuantitatif dan kualitatif berbeda maka struktur skripsinya juga berbeda. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dijelaskan struktur skripsi jenis kuantitatif dan kualitatif.

Struktur Skripsi Kuantitatif

Skripsi kuantitatif adalah skripsi yang melibatkan angka-angka statistik didalam penyusunannya, skripsi model ini biasanya skripsi yang menggunakan metode dan pendekatan kuantitatif, baik studi kasus, survey, eksperimen, penelitian tindakan kelas dan lain sebagainya.

Struktur Skiripsi Kuantitatif biasanya mengandung komponen-komponen sebagai berikut:
BAB I: Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan Masalah
  3. Identifikasi Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Kegunaan Penelitian
  6. Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
  7. Sistematika Penulisan

BAB II : Tinjauan Pusuataka

  1. Tinjauan Pusataka
  2. Penelitian Terdahulu

BAB III : Metodologi Penelitian

  1. Metode Penelitian 
  2. Populasi dan Sampel
  3. Teknik Pengumpulan Data
  4. Instrumen Penelitian
  5. Teknik Analisis Data.

BAB IV: Hasil Penelitan dan Pembahasan

  1. Hasil Penelitian
  2. Pembahasan

BAB V: Penutup

  1. Hasil Penelitian
  2. Saran-Saran

Selain 5 komponen di atas, didalam skripsi juga tentunya ada Cover, Daftar Isi, serta surat-surat yang berkaitan dengan penelitian, seperti surat keaslian skripsi, surat persetujuan dosen pembimbing dan penguji. Selain itu didalam skripsi juga mesti ada daftar pustaka dan lampiran yang berkaitan dengan penelitian.

Struktur Skripsi Kualitatif

Skripsi kualitati adalah skripsi yang sifatnya mendeskripikan data-data hasil penelitian kedalam suatu tulisan, skripsi jenis ini biasanya tidak melibatkan statsitik dalam analisisnya. Skrippsi kualitatif biasanya skripsi yang disusun menggunakan metode dan pendekatan study pustaka. Adapun struktur skripsi kualitatif pada umumnya sebagai berikut:

BAB I : Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan Masalah
  3. Identifikasi Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Kegunaan Penelitian
  6. Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
  7. Defenisi dan Oprasionalisasi Konsep Penelitian
  8. Metode Penelitian
  9. Lokasi dan Jadwal Penelitian
  10. Sistematika Penulisan

BAB II: Kajian Pusataka

  1. Kajian Pustaka
  2. Penelitian Terdahulu

BAB III : Objek Penelitian

  1. Sejarah Tempat Penelitian
  2. Struktur Organisasi Tempat Penelitian
  3. Fasilitas Tempat Penelitian
  4. Karyawan Tempat Penelitian

BAB IV: Hasil Penelitian dan Pembahasan

  1. Hasil Penelitian
  2. Pembahasan

BAB V: Penutup

  1. Hasil Penelitian
  2. Saran-Saran

Tidak berbeda dengan penelitian kuantitati, penelitian kualitati juga didalamnya mesti ada Cover, Daftar Isi, serta surat-surat yang berkaitan dengan penelitian, seperti surat keaslian skripsi, surat persetujuan dosen pembimbing dan penguji. Selain itu didalam skripsi juga mesti ada daftar pustaka dan lampiran yang berkaitan dengan penelitian.

*Catatan: Struktur Skripsi ini adalah struktur skripsi secara umum, biasanya tiap-taip kampus mempunyai struktur tersendiri dalam penyusunan skripsinya, oleh karena itu mahasiswa harus memperhatikan panduan penyusunan karya ilmiah (skripsi) yang berlaku dikampusnya masing-masing. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search