Uji Relibilitas dengan SPSS

- Desember 04, 2019
Uji realibilitas dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Instrumen yang baik tidak akan bersifat tendensius mengarahkan responden untuk memilih jawaban-jawaban tertentu. Instrumen yang sudah dapat dipercaya yang reliabel akan menghasilkan data yang dipercaya juga.

Instrumen dikatakan reliabel apabila suatu instrumen cukup dapat dipercaya untuk dapat digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrument tersebut sudah baik.  Dalam bahasan ini untuk melakukan uji relibilitas digunakan program SPSS (Statistical product and Service solution) 16, dengan pendekatan Cronbach’s Alpha.

Contoh Kasus

Widya seorang Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam melakukan penelitian dengan menggunakan angket atau kuesioner untuk mengetahui dan memperoleh data tentang “Motivasi Belajar Siswa”. Widya membuat 10 butir pernyataan angket dengan menggunakan skala likert sebagai pilihan jawabannya, yaitu angka 3= Ya, angka 2 = Kadang-kadang dan angka 1= Tidak. Setelah membagikan angket kepada 18 Responden didapat tabulasi data angket sebagai berikut:

Langkah-Langkah Uji Realibilitas Dengan SPSS

Buka program SPSS dengan Klik Start.  Setelah terbuka secara normal, barulah kemudian klik Variabel View. Pada kolom name ketik item 1 sampai 10 kemudan terakhir ketik skor total. Untuk kolom Decimals, ubah menjadi 0 berlaku untuk semua item dan Skor Total. Pada kolom marsuse ubah jadi ordinal pada seluruh item, sementara Skor Total Scale. selanjutnya pada kolom lainnya bisa dikosongkan. Jika anda sudah benar dalam melakukannya, maka tampilannya sebagai berikut:
Buka halaman data view dengan klik data view maka didapat kolom varabel item 1 hingga itm Skor Total. Selanjutnya ketikan data sesuai dengan data tabulasi angket yang telah didapat. Jika yang dilakukan anda sudah benar maka tampilannya sebagai berikut:
Selanjutnya, klik Analyze>>Scale>>Relibility Analysis. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog Relibility Analysis sebgai berikut:
Klik semu item soal dan siskan skortotal, kemudian masukan ke kotak variabels. Klik Statistics pada kotak dialog di atas selanjutnya pada kotak descriptives for klik scale if item deleted, demikian contohnya jika anda sudah melakukannya dengan benar;
Lalu ketik continue, dilanjutkan dengan klik oke maka hasil output yang didapat adalah sebagai berikut:

Cara menyimpulkakn uji realibilitas

Untuk mengetahui realiabel atau tidaknya intrumen maka nilai Cronbach’s Alpha dibandingkan dengan nilai r-tabel. Jika nilai Cronbach’s Alpha lebih besar dari nilai r-tabel maka item instrument dinyatkan realibel. Nilai r-tabel dari signifikansi 0,05 dengan uji 2 sisi dan jumlah data (n) =18 adalah (0,468). Kriteria indeks koefisien reliabilitas (Sugiyono: 2007) dapat dilihat dari tabel berikut:
Selanjutnya berdasarkan nilai output uji realibilitas dan nilai r-tbel yang didapat, dihasilkan data sebagai berikut:
Nilai di atas bermaksud bahwa angket instrument Motivasi Belajar Siswa secara keseluruhan realiabel. Adpun tingkat realiabel-nya tinggi, karena berada pada rentang nilai interval realibael 0,799 – 0,600

Baca Juga: Uji Validitas dengan SPSS


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search