Pengertian Dukungan Supervisor, Karakteristik dan Faktor yang Mempengaruhinya

- Agustus 01, 2019
Bungfei.com-Ditinjau dari pengertiannya, dukungan supervisor diaritikan sebagai sejauh mana para pemimpin menghargai kontribusi karyawan mereka dan peduli tentang kesejahteraan mereka (Bhate, 2013).

Supervisor dianggap sebagai perwakilan dari organisasi dan memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan mengevaluasi kinerja bawahan yang mana karyawan akan melihat hal tersebut sebagai indikasi dukungan organisasi (Eisenberger et al, 2002).

Persepsi karyawan bahwa organisasi menghargai kontribusi karyawan dan peduli tentang kesejahteraan karyawan  mungkin menyebabkan mereka untuk percaya bahwa supervisor, sebagai agen dari organisasi, yang positif cenderung ke arah mereka. Hubungan antara nilai awal satu variabel dan perubahan variabel kedua dari waktu ke waktu memberikan bukti  kuat daripada yang diberikan oleh pengukuran signifikan dari dua variabel (Finkel, 1995).

Karakteristik Dukungan Supervisor 

Menurut Stingl Hamber ( 2006) dukungan Supervisor mengacu pada persepsi karyawan mengenai tingkat dan kualitas dukungan yang tersedia untuk mereka dari atasan mereka. Sementara Feinberg (2013) menyatakan bahwa dukungan supervisor dapat ditunjukan dengan perilaku sebagai berikut :

  1. Membantu menetapkan tujuan untuk menerapkan pelatihan
  2. Memberikan bantuan ketika mencoba perilaku baru dan
  3. Feedback pada kinerja tugas.

Faktor-Faktor mempengaruhi Dukungan Supervisor 
Menurut Humphrey (2002), bahwa supervisor yang simpatik dan menerima kebutuhan karyawan secara khusus berbuah pada respon pegawai yang antusias.

Hal ini menguatkan teori dari Eisenberger (1986) yang menyatakan bahwa pegawai menciptakan sudut pandang dukungan supervisor mengenai sejauh man supervisor mengakui dedikasi dan menunjukan simpati terhadap kesejahteraan pegawai.

Berdasarkan pendapat para  Ilmuan tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisor memegang peran yang penting dalam menciptakan persepsi pegawai yang mana supervisor yang mengakui dedikasi pegawai dan menunjukan rasa simpatik akan mengahsilkan antusiasme pegawai. Sehubungan itu, supervisor mempunyai pengaruh yang besar terhadap persepsi pegawai mengenai dukungan supervisor.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search