Pengertian Lesson Study

- Mei 04, 2019
Lesson study sudah berkembang di Jepang sejak tahun seribu sembilan ratusan. Lesson study merupakan terjemahan langsung dari bahasa Jepang. Jugyokenkyu yang berasal dari dua kata jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran dan kenkyu yang berarti study atau research atau pengkajian. Dengan demikian lesson study merupakan study atau penelitian atau pengkajian terhadap pembelajaran. Lesson study dapat diselenggarakan oleh kelompok guru-guru bidang study atau guru matapeajaran yang sama dari sekolah berbeda (Juwairiah, 2010).

Para guru melalui lesson study bekerjasama melakukan pengkajian mengenai perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran di kelas nyata, dan melakukan diskusi refleksi untuk mendapatkan umpan balik dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran berikutnya.

Guru melalui lesson study tidak hanya meneliti dengan cara memberi perlakuan kemudian mengamati dampaknya terhadap siswa, melainkan ingin memperbaiki proses pembelajaran secara berkesinambungan. Lesson study dapat dibedakan menjadi 3 tahapan utama yaitu tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Ketiga tahapan tersebut merupakan satu siklus yang dilakukan berulang kali dalam waktu yang lama karena setiap proses pembelajaran tidak selalu sama dan tidak ada proses pembelajaran yang sempurna (Syamsuri & Ibrohim, 2011).
Cerbin & Kopp (2006) menyebutkan bahwa lesson study memiliki 4 tujuan utama, yaitu untuk: 1) mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mahasiswa belajar dan guru mengajar, (2) mendapatkan suatu hasil yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, diluar lesson study, (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, (4) membangun pengetahuan pedagogik, di mana seorang guru dapat memperoleh pengetahuan dari guru lainnya.

Suwono & Susilo (2011) menyatakan bahwa lesson study adalah suatu proses yang kompleks, didukung oleh penataan secara kolaboratif pencermatan dalam pengumpulan data tentang belajar siswa, dan kesepakatan memberi peluang diskusi yang produktif tentang isu-isu yang sulit.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru. Lesson study dilaksanakan secara kolaboratif dengan: a) mempelajari kurikulum dan merumuskan tujuan pembelajaran dan pengembangan siswa (pengembangan kecakapan hidupnya); 2) merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan; 3) melaksanakan dan mengamati suatu research lesson (pembelajaran yang dikaji); dan 4) melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji dan menyempurnakannya untuk merencanakan pembelajaran yang berikutnya (Susilo, 2009).


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search