Sejarah Permainan Bola Voli

- April 21, 2019
Sejarah Bola Voli baru dimulai ketika seorang pembina pendidikan Jasmani bernama William G. Morgan mampu mengembangkan permainan baru yang menyerupai Badminton, permainan tersebut ia namai dengan “Minnonette”.

Dinamakan minnonette, karena permainan yang ia ciptakan tersebut sama-sama menggunakan gawang net hanya saja bentuk permainannya dengan cara memantulkan bola kearah lawan yang masing-masing didalamnya terdapat peserta yang beregu, oleh sebab itulah permainan ciptaannya itu pada mulanya dinamai “Minnonette”.

William G. Morgan merupakan pembina pendidikan Jasmani di lembaga pendidikan yang bernama Asosiasi Pemuda Kisten atau Young Men Christian Asosiation yang disingkat dengan YMCA, yaitu suatu Asosiasi kepemudaan di Amerika Srikat tepatnya di Kota Holyake.

William G. Morgan menciptakan permainan Bola Voli/ Minnonette pada tahun 1895 awalnya ia menciptakan olahraga tersebut hanya sekedar iseng saja.

Setelah menciptakan olahraga baru untuk kemudian diterapkan pada anak didiknya, ternyata William G. Morgan merasa olahraga tersebut sangat bermanfaat dan disukai oleh anak didiknya, dari itulah ia kemudian berencana mengembangkan olahraga ciptaannya itu dan memperkenalkannya kepada masyarakat.

Setelah diperkenalkan kepada masyaakat, rupanya olahraga yang ia ciptakan ternyata disukai orang banyak, maka lama kelamaan, olahraga yang dahulunya ia namai Minnonette itu berubah menjadi Volley Ball. Secara bahasa Volley Ball sendiri maksudnya tembakan bola, dinamai demikian karena dalam permainan ini pertama-tama pemain menembakan bola melalui tepakan tangan ke lawan, dari itulah permainan tersebut dinamakan Volley Ball.

Permainan Volley Ball kemudian semakin terkeknal ketika William G. Morgan berhasil membuat permainanya itu menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan secara Nasional di Amerika, dari sinilah kemudian permainan Volley Ball kemudian dikenal luas hingga dimainkan diluar Amerika Srikat.

Di Indonesia permainan Volley Ball masuk pada tahun 1928, dibawa oleh penjajah Belanda, permainan ini kemudian diterjamahkan kedalam bahasa Melayu dengan sebutan Bola Voli.

Permainan Bola Voli pada mulanya dimainkan oleh para serdadu Belanda guna mengisi kekosongan waktu atau mengisi waktu olahraga. Selepas itu permainan ini juga nantinya dijakan disekolah-sekolah milik Belanda yang ada di Indonesia.

Selepas kemerdekaan, permainan Bola Voli rupanya banyak diminati oleh orang Indonesia, sehingga keberadaan olahraga ini terus lestari. Dalam sejarah olahraga Indonesia permainan Bola Voli pertamakali dipertandingkan secara resmi pada tahun 1952, yaitu pada acara Pekan Olahraga Nasional ke II. Selepas itu pemerintah kemudian membentuk PBVSI (Persatuab Bola Voli Seluru Indonesia) yaitu suatu badan cabang olah raga yang khusus mengurusi bola Voli.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search