Naskah Cirebon Jud Al-Mannan

- April 18, 2019
Bungfei.com-Kota Cirebon pada faktanya masih meninggalkan naskah-naskah kuno yang layak dipertahankan keberadaannya. salah satu Naskah tersebut adalah Naskah yang berjudul Jud Al-Mannan.

Ditinjau dari spesifikasinya naskah Jud Al-Mannan berjenis prosa, bahasa dan aksara naskah,  arab, sementara ukuran naskah 24,5 x 16,5 cm adapun ukuran teks,  14,5 x 9 cm sementara jenis kertas naskah berjeneis Dluwang dengan halaman 85.

Kondisi fisik naskah ini masih utuh, meskipun ada sedikit naskah diawal halaman yang bolong sehingga sebagian aksara dari teks tidak terbaca dan beberapa kertas bagian atas maupun bawah naskah yang sobek. Naskah tidak mempunyai sampul sebab halaman pertama naskah langsung memuat isi naskah.

Didalam naskah tidak ada cap kertas (watermark), tidak ada garis tebal (chain lines) dan garis tipis (laid lines), dan tidak ada garis panduan yang ditekan (blind lines) atau penggarisan dengan tinta maupun pensil, naskah dijilid dengan menggunakan benang dan perekat, teks naskah ditulis dengan tinta wana hitam dan berbahasa arab, selain itu dalam naskah ini juga pada bagian-bagian teks tertentu oleh penulis diberikan terjamah, letaknya dibawah teks inti dengan posisi miring dari kanan ke kiri, terjamah teks menggunakan bahsa Jawa dengan aksara pegon, dalam naskah ini tidak memuat nama pengarang maupun nama penyalin, didalamnya juga tidak memuat tahun penulisan, selanjutnya didalam naskah ini juga tidak memuat penomoran halaman.

Selain itu, dalam naskah ini juga didalamnya tidak memuat iluminasi dan ilustrasi. Jumlah baris teks dalam naskah tediri dari 9 baris. Naskah merupakan koleksi pribadi Elang Panji Jaya Prawirakusuma, warisan dari keluarga pemiliknya.

Naskah Jud Al-Mannan didalamnya berisikankajian tentang kaidah-kaidah ilmu sufistik, kaidah-kaidah ilmu sufi dalam naskah ini dibagi kedalam tiga bab atau pembahasan yaitu;

  1. Fasal I :  Membahas tentang “fi dzikri al-goybi wa syahadah”
  2. Fasal II: Membahas tentang “fi dzikri al-ithalaqi wa at-tafsiri”
  3. Fasal III: Membahas tentang “fi dzikri al-Asyqi wa al- A’syiqi wal Mawsyuqi”

Selain membahas tentang tiga pembahasa di atas, dalam naskah ini juga tepatnya di bagian halaman akhir, terdapat kutipan hadist nabi yang bertema penciptaan.

Demikian ini tampilan dari dokumentasi Naskah dalam bentuk Foto (JPg) yang berhasil kami himpun;




Bagi anda yang ingin mendapatkan file naskah guna melukan penerjamhan dan penelitian terhadap naskah ini anda dapat menghubungi kontak kami di SINI


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search