Cara Menyimpulkan Hasil Jawaban Angket Skripsi

- Maret 21, 2019
BUNGFEI.COM-Ada cara-cara khusus untuk menyimpulkan jawaban angket yang sudah dikumpulkan dari responden sehingga didapat hasil penelitiannya. Cara menyimpulkan hasil jawaban angket sebenarnya sangat mudah asalkan anda mampu mencermati langkah-langkah dibawah ini.

Ada beberapa rumus yang harus bisa dihubungkan dengan angket, rumus-rumus tersebut adalah sebagai berikut:

(1) Rumus Perhitungan Skor Angket
Rumus perhitungan skor angket dilambangkan demikian:

(2) Rumus Skala Prosentase Angket
Rumus ini bisa digunakan untuk mengkonversikan jawaban angket yang telah dihitung dengan rumus perhitungan angket dalam pembahasan sebelumnya. Adapun skalanya sebagai berikut:
Selanjutnya, jika pertanyaan dan pilihan jawaban angket dibuat sebagaimana soal dibawah ini:
Sol Angket
Selanjutnya jika petanyaan tersebut dijawab oleh responden (Sampel) yang jumlahnya 35 orang, dan semuanya ternyata memilih jawaban kadang-kadang, maka tampilan hasil rekapitulasinya adalah sebagai berikut:
Ket: Nilai 2 B erarti Responden Menjawab KK (Kadang-Kadang)
Rekapitulasi jawaban angket di tas kemudian dimasukan kedalam tabel sebagaimana dibawah ini;

Kesimpulan dari jawaban angket diatas nantinya sebagai  berikut:

Berdasarkan jawaban responden sebagaimana tertulis pada tabel di atas diketahui bahwa menurut seluruh responden (100%) bahwa  mereka menyatakan dalam penyampaian pelajaran guru kadang-kadang tepat waktu, dalam kata lain tidak selalu tepat waktu. 

Kesimpulan jawaban responden terhadap angket variabel X soal ke 1 di atas dapat diketahui dari total skor angket yaitu 70 atau 66,67%, dari skor teringgi angket 105 = 100%,  yang mana maksudnya adalah bahwa kompetesi pedagogik guru dalam ranah pengaturan jadwal mengajar yang iasarkan pada RPP dikategorikan  cukup baik, karena nilai persentase skor angketnnya berada pada rentang nilai 60%-75%.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search