Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sampel Dengan Teknik Purposive sampling

Bungfei.com-Ada banyak cara untuk mencari sampel penelitian dalam penyusunan Skripsi, salah satunya adalah dengan teknik purposive sampling, teknik pencarian sampel model ini biasanya banyak digunakan oleh mahasiswa jurusan Akuntansi atau Manajemen untuk menentukan sampel penelitian dalam penyusunan skripsi mereka.

Sebelum anda memahami bagaimana tata cara mencari sampel dengan teknik Purposive sampling, silahkan amati langkah demi langkah yang penulis ajukan, agar pemahaman anda menjadi sempurna.

Jika judul skripsi anda “Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pdam Kota Indramayu Tahun 2019”

Maka yang pertama-tama harus anda cari sebelum menentukan sampel penelitian dengan teknik Purposive sampling anda harus meperoleh populasi penelitian terlebih dahulu.

Menurut Sekaran (2014:121) bahwa: “Populasi (population) mengacu pada keseluruhan kelompok orang, kejadian, atau hal minat yang ingin peneliti investigasi”. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan tetap PDAM Kota Indramayu tahun 2019 sebnyak 254.

Jika pupulasi sudah diketahui maka penggunakaan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian barulah dapat dilakukan, adapun caranya adalah sebagai berikut:

Menurut Sekaran (2014:123), “sampel adalah sebuah proses memilih sejumlah elemen secukupnya dari populasi sehingga penelitian terhadap sampel dan pemahaman tentang sifat atau karakteristik tersebut pada elemen populasi.”

Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yang didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Menurut Sekaran (2014:136) mendefinisikan bahwa:

“Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana pengambilan sampel dalam hal ini terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan, entah karena mereka adalah satu-satunya yang dimiliki, atau memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan peneliti.

Adapun contoh kriteria yang ditentukan dalam pengambilan sampel adalah sebagai berikut :
  1. Sampel merupakan karyawan tetap di PDAM Kota Indramayu tahun 2019 
  2. Sampel bersedia menjawab kusioner/angket yang diberikan peneliti.
  3. Sampel sudah bertugas di PDAM Kota Indramayu sejak 2015.
  4. Sampel merupakan penduduk kota Indramayu dan pengguna layanan PDAM Kota Indramayu.
Dari keriteria yang telah ditentukan tersebut telah ditentukan sampel penelitian sebagai berikut:
Berdasarkan seleksi kriteria sampel tersebut nantinya akan didapat sampel penelitian yang akan di inginkan dengan baik dan terarah. Sehingga nantinya data penelitian dapat dipertanggungjawabkan. Dalam contoh di atas yang masuk dan lulus kriteria sampel sebanyak 38 karyawan tetap PDAM Kota Indaramayu.

Begitulah contoh menentukan sampel dalam penelitian dengan menggunakan teknik Purposive sampling.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Sampel Dengan Teknik Purposive sampling"