Teknik Belajar Bahasa Arab Dasar [Part II]

- Januari 03, 2019
Pembelajaran Mufrodat. Dalam artikel sebelumnya yaitu artikel yang berjudul Belajar Bahasa Arab Dasar Part I yang didalamnya membahas tentang pendahuluan dalam belajar bahasa Arab, maka dapatlah kemudian dipahami bahwa langkah peratama yang perlu dilakukan untuk dapat memahami bahasa Arab dengan baik adalah dengan cara belajar menguasai mufrodat, sebab dengan mempelajari mufrodat nantinya kita dapat mengerti tentang sesuatu hal dalam bahasa Arab. 

Mufradat dalam bahasa Indonesia disebut kosa kata. Mufradat dalam bahasa Arab itu juga disebut kalimat, selanjutnya kalimat dalam bahasa Arab digolongkan kedalam tiga jenis, yaitu kalimat Isim (Kata Benda), Kalimat Fiil (Kata Kerja) dan Kalimat Huruf (Kata Sambung).  

Contoh :
  1. Kalimat Isim : Meja (مَكْتَبٌ)
  2. Kalimat Fiil : Menulis (كَتَبَ)
  3. Kalimat Huruf : Di atas (عَلىَ) 
Kalau anda sudah hafal dan memahami kosa kata di atas, maka anda tentu tidak akan kesulitan jika disuruh menerjemahkan kalimat “ Muhamad Menulis Di atas Meja” Tinggal tulis “محمد كَتَبَ عَلىَ مكتب ” beres bukan..? 

Kalau anda dapat melakukan penerjamahan sebagaimana di atas berarti anda sudah ada kemajuan, sudah sedikit bisa menerjemahkan, meskipun tentu tata bahasanya (Qowaid) belum sempurna. Tapi tidak mengapa yang penting anda sudah sedikit menguasai tata cara penggunaan mufrodat.  Itulah gambaran dari pentingnya belajar mufrodat.

Selanjutnya, Mufrodat apa saja sih yang pertama-tama harus kita kuasai sehingga nantinya kita bisa cepat berbahasa Arab, ya tentu mufrodat yang paling penting diantara yang terenting. 

Maksudnya ketika anda baru belajar bahasa Arab jangan sekali-kali anda mempelajari mufrodat-mufradat yang tidak terlampau penting, contoh anda mempelajari mufrodat tentang pemerintahan, mufrodat itu jarang dipake jadi pelajarilah mufrodat yang dekat-dekat dulu, seperti kumpulan mufrodat yang digunakan untuk perkenalan, misalanya seperti mufrodat: Saya (اناَ), Nama Saya(إِسْميْ), Selamat Datang (أهلا وسهلا),  Siapa namamu (ما إسْمكَ) dan lain sebagainya. 

Nah.., mufrodat-mufradat yang pertama-tama harus dipelajari bagi yang sedang belajar bahasa Arab dasar bung Fei urutkan sebagaimana berikut:
  1. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Perkenalan (تعارف)
  2. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Kegiatan Sehari-Hari (الأعمال اليومية)
  3. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Tempat Tinggal/Rumah (بيت)
  4. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Tempat Belajar/Sekolah (مدرسة)
  5. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Tempat Kerja (مفعل)
  6. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Anggota Keluarga (أسرة)
  7. Mufrodat Yang Berhubungan Dengan Alamat (عنوان)
  8. Mefrodat Yang Berhubungan Dengan Bilangan/Angka (عدد)
Kedelapan jenis mufrodat di atas itulah yang mesti kita kuasi jika ingin sukses dalam belajar bahasa Arab dasar, coba bayangkan kalau 1 jenis mufrodat di atas itu minmal 10 mufrodat yang telah kita kuasai berarti kalau dikali 8 maka kita sudah menguasai 80 mufrodat, dan nanti setidak-tidaknya kita bisa berbicara bahasa Arab dilingkungan kita sendiri. 

Bung Fei menjamin, kalau sekalian kawan menguasai 8 jenis mufrodat sebagaimana di atas itu, anda tidak lagi dianggap orang yang sama sekali tidak mengerti bahasa Arab. Enak kan..? pengetahuan bahasa Arabnya sudah meningkat..? Jadi tunggu apalagi silahkan pelajari kedelapan jenis mufrodat itu...!.  


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search