Teknik Belajar Bahasa Arab Dasar [Part I]

Jika anda pada saat membaca tulisan ini baru saja memulai belajar bahasa arab maka saya menganjurkan agar sekalian kawan pahami betul tulisan ini, sebab dengan memahami tulisan ini nantinya sekalian kawan akan dapat mengikuti materi belajar bahasa arab part selanjutnya. 

Untuk dapat belajar bahasa arab dengan cepat maka hal dasar yang perlu sekalian kawan lakukan adalah mengenal bahasa arab, yaitu mengenal bentuk-bentuk aksaranya (huruf), mengenal bagaimana bahasa ini diucapkan  dan lain sebagainya. Nah dalam artikel ini Bung Fei anggap semua pembaca sudah menguasai tata cara baca tulis aksara arab.

Jika sekalian kawan sudah menguasai tata cara baca tulis aksara arab, maka hal yang perlu selanjutnya diperhatikan adalah niat dari sekalian kawan dalam belajar bahasa arab. Niat kawan untuk belajar bahasa arab itu apa?, tentunya hanya sekalian kawan sendiri yang dapat menjawabnya. 

Contoh:
Jika sekalian kawan belajar bahasa arab niatnya untuk lulus ujian sebagai calon tenaga kerja di negara-negara yang menggunakan bahasa arab, maka yang perlu sekalian kawan lakukan adalah belajar bahasa arab seputar dunia kerja yang akan sekalian kawan geluti, misalnya sekalian kawan akan bekerja sebagai asisten rumah tangga, yang tugas kerjanya mencakup masak, bersih-bersih rumah, atau sampai pada mengasuh anak, maka  sekalian kawan cukup belajar bahasa arab tentang itu, hafal kosa kata tentang masak-memasak dan alat-alatnya.

Seperti menguasai kosa kata panci, kompor, pisau dalam bahasa arab dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masak-memasak,  begitupun selanjutnya, sekalian kawan cukup belajar bahasa arab seputar bersih-bersih rumah, dan mengasuh anak. Jadi percuma kalau sekalian kawan belajar bahasa arab niatnya A yang dipelajari malah B, tidak nyambung, dan tentu pada akhirnya tidak sesuai tujuan. 

Satu lagi, kalau sekalian kawan belajar bahasa arab niatnya agar bisa trampil berbicara bahasa Arab secara umum, maka yang seharusnya sekalian kawan pelajaripun tentunya berbeda dengan orang yang belajar dengan niatan menjadi calon TKI. Akan tetapi kalau sekalian kawan niatnya demikian, yaitu trampil berbicara bahasa arab dengan lawan bicara, hal dasar yang perlu sekalian kawan pertama-tama kuasai adalah sebagai berikut:
  1. Menguasai Tata Cara Mengenalkan Diri
  2. Menguasai Materi Yang Akan Dipercakapkan
Poin penting dalam sebuah percakapan adalah perkenalan, sekalian kawan harus mampu memperkenalkan diri terlebih dahulu shingga orang yang diajak berbicara mau berbicara dengan anda, bukan begitu? Sekalian kawan juga dituntut harus mampu mengajak lawan bicara agar mau memperkenalkan dirinya, sehingga kalau sudah saling kenal maka percakapan selanjutnya tentunya tinggal diatur saja, misal, karena sekalian kawan mengetahui setelah perkenalan bahwa yang diajak bicara tersebut ternyata berprofesi sebagai guru maka ajaklah orang tersebut berbicara tentang sekolah, dan hal-hal yang berhubungan dengannya. 

Poin perkenalan ini tidak berlaku jika sekalian kawan dan lawan bicara sebelumnya sudah saling kenal. Meskipun demikian sebagai pembukaan percakapan perlu juga didialogkan basa-basi. Agar percakapan selanjutnya menjadi hidup. 

Poin yang kedua adalah lanjutan dari poin yang pertama itu, sekalian kawan harus menguasai materi yang dipercakapan setelah perkenalan, kalau yang dipercakapkan soal sekolah, maka sekalian kawan harus menguasai materi-materi yang berkaitan dengan sekolah, seperti hafal kosakata-kosakata tentang sekolah, guru, alat-alat sekolah dan lain sebagainya. 

Begitulah tata cara belajar bahasa arab dasar yang terarah, jadi kunci cepat sukses belajar bahasa arab dasar itu terletak pada 2 hal, penguasaan baca tulis aksara arab dan niat, baca tulis ini kunci utama, sementara niat adalah sesuatu hal yang membawa sekalian kawan untuk mau belajar sesuatu, kalau niat sekalian kawan sudah jelas maka seharusnya sekalian kawan juga mengerti bagian mana dalam bahasa arab yang terlebih dahulu sekalian kawan pelajari hingga cepat mencapai target yang diinginkan. 

Pembelajaran bahasa arab itu caranya bermacam-macam hanya saja sebagaian ahli bahasa arab melakukan kegiatan pembelajaran dengan berpatokan pada unsur-unsur yang terdapat dalam bahasa arab. Unsur bahasa Arab itu terdiri dari tiga bagian yaitu (1) Kosakata (Mufradat), (2) Tata Bahasa (Qoaid/Nahwu dan Sharaf) dan (3) Tata Cara Pengucapan atau Fonetik (Aswat). Maka dalam belajar bahasa arab dasar yang disuguhkan dalam part selanjutnya (Part II,  dan Part III) adalah mengenai belajar bahasa arab pada sisi kosakata, tata bahasa dan tatacara pengucapannya.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Belajar Bahasa Arab Dasar [Part I]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel