Steak Daging

- Januari 23, 2019
STEAK-Dewasa ini Steak menjadi makanan kegemaran orang dibelahan Dunia, di negara-negara berkembang Seperti Indonesia Steak masih menjadi makanan yang biasanya digandrungi anak-anak muda atau para professional tertentu untuk sekedar gaya-gayaan.

Steak secara bahasa ada yang mengasumsikannya berasal dari kata “Stuk” dalam bahasa Belanda yang mana maksudnya potongan. Kata Stuk itu kemudian berubah menjadi Steak ketika diserap dalam bahasa Inggris. Di Eropa maupun di  Amerika, pada mulanya kata Steak merujuk ke nama makanan yang pada mulanya bersanding dengan kata Beef, yaitu “Beef Steak” maksudnya Steak Sapi, atau Potongan daging sapi.

Selain pendapat di atas, ada juga yang menyatakan bahwa Steak itu maksudnya adalah sepotong daging yang dipotong melintasi serat otot, itulah yang dinamakan steak. Tidak peduli daging apapun, kalau sepotong daging tersebut dipotong dengan cara melintasi serat otot maka itu dinamakan Steak.
Steak Daging
Ditinjau dari bentuknya Steak adalah potongan daging yang dibentuk makanan, pada umumnya Steak dibuat dengan cara di panggang di atas panggangan dengan api yang sedang. Jika dahulu Steak merujuk pada makanan yang terbuat dari sepotong daging sapi yang dipanggang, maka untuk selanjutnya makna Steak ini menjadi melebar, ada Steak Ayam, Cumi, Tuna dan lain sebagainya, yang penting bentuknya sepotong daging yang dipanggang. Begitulah perkembangan Steak.

Cara Membuat Steak

Cara membuat Steak sebenarnya sangat sederhana, sesederhana dari namanya, Sepotong Daging. Daging tersebut hanya dipanggang dan setelah matang kemudian disantap dengan sasos tertentu, sangat mudah sekali dalam membuat steak ini.

Meskipun demikian, agar Steak yang kita buat ini terasa enak tentu kita harus memahami tata cara pembuatannya. Adapun tata cara standar untuk menghasilkan steak yang layak dimakan adalah sebagai berikut:

Sediakan daging Sapi yang sudah terpotong melintasi serat ototnya, setidak-tidaknya seukuran telapak tangan. Usahakan pilih daging Sapi yang masih segar.

Sediakan bumbu-bumbu yang diperlukan sesuai selera anda, tapi pada umumnya untuk Steak ini biasanya, bumbu-bumu yang diperlukan adalah, jeruk nipis, saus, kecap, bawang putih, bawang merah, garam, penyedap rasa, cabe, merica.

Terlebih dahulu buat saus steak dengan komposisi saus, bawang putih, bawang merah, garam, penyedap rasa, cabe dan merica. Setelah selesai saus itu kita diamkan sejenak.

Selanjutnya, daging yang sudah tersedia, kita lumuri dengan jeruk nipis, tujuannya agar daging nantinya tidak amis, setelah dilumuri dengan sempurna, jangan lupa pula dilumuri minyak sayur atau minyak Zaitun, selepas itu baru dipanggang.

Pada saat dipanggang, usahakan api jangan terlalu besar, kalau menggunakan panggangan manual, selanjutnya bolak-balik stek tersebut sambil sesekali kita menaburinya dengan garam, agar ada rasa mandiri yang masuk dalam daging tersebut.

Apabila daging dirasa sudah matang, barulah kemudian daging tersebut disiram dengan saus yang sebeumnya kita buat, ada baiknya saus yang dahulu telah selesai dibuat dihangatkan kembali, sehingga ketika saus tersebut digurkan ke Steak yang telah matang cepat merasuk ke dalam daging steak yang kita buat.

Selepas itu, maka siaplah Steak yang kita buat untuk dimakan. Cara memakannya alangkah lebih baiknya menggunakan garpu dan pisau, sehingga tidak menyulitkan anda untuk memakannya.

Steak Murah

Selain kita dapat membuatnya sendiri, Steak juga sebenarnya sudah banyak dijual, baik di Kota Besar maupun kecil. Harganya pun beragam ada yang Super Mahal, Mahal sampai pada yang berharga murah.

Untuk Steak yang paling murah berdasarkan pengalaman Pribadi biasanya dalam kisaran Rp. 50.000 inipun kita sudah mendapatkan nasi dan segelas minuman dingin. Berikut ini tampilan Steak murah dalam bentuk Vidio sesuai pengalaman pribadi.
Nah bagi anda yang menginikan Steak murah yang berharga 50.000 an itu anda bisa mendapatkannya dengan mudah, cukup buka aplikasi Go-Jek, kemudian masuk ke menu Go-Food disitu nanti anda tinggal mencari penjual Steak dengan kisaran harga segitu, lalu pesan maka Steak murah akan datang sendiri ke tempat anda. Jadi memang tidak terlalu ribed untuk mendapatkan Steak murah.

Selain dapat dipesan melalui Online, anda juga bisa menikmati Steak murah dengan datang langsung di penjualnya, di Kota Kecil Steak murah biasanya dijual di Toserba Yogya, di Toserba lokal itu biasanya ada brend makanan tertentu yang khusus menjual khusus Steak, bahkan boleh dikatakan lengkap sebab ada Stek Sapi, Ikan, Cumi, Ayam dan lain sebagainya. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search