Permainan Bahasa Arab [الألعاب اللغوية] Maksud Dan Urgensinya

PERMAINAN BAHASA ARAB-Menurut kebanyakan orang belajar ilmu-ilmu pasti itu membosankan, kamu nek kan belajar matematika..? kalau anda merasa nek berarti anda termasuk dari orang-orang yang menganggap belajar ilmu pasti itu membosankan. 

Tapi tahaukah kamu bahwa ilmu pasti itu bukan hanya ilmu-ilmu yang hitung-hitungan saja, ilmu bahasa pun itu ilmu pasti, kamu belajar bahasa Arab merasa nek tidak, susah tidak..? kalau iya berarti anda benar-benar dari salah seorang yang yang tidak suka belajar ilmu pasti. 
Timbulnya rasa males, nek, ketika anda belajar Bahasa Arab tentunya diakibatkan oleh berbagai macam, salah satunya adalah karena guru menerangkan materinya membosankan, gak ada sedap-sedapnya. Siswa hanya mendengarkan saja, sementara gurunya terus terusan ceramah sampai berjam-jam menjelaskan materi. 

Kalau kondisinya kaya gini sudah pasti siswa pada ngantuk, bosen.Nah kalau siswa ketika belajar ngantuk, atau merasa bosan bawannya pingin keluar terus, uring-uringan, apa kira-kira siswanya nanti bakal memahami materi pembelajaran..? Tentu tidak bukan..?  

Berdasarkan permasalahan-permasalah di atas itulah, kemudian para pakar pendidikan bahasa arab mecari cara agar siswa-siswa yang belajar bahasa arab tidak lagi merasa bosan, sebel atau bahkan nek dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa arab, dan diantara cara yang ditemukan adalah, penggunaan permainan bahasa arab dalam pembelajarannya. 

Permainan bahasa dalam bahasa arab disebut al’ab lughowiyah, menurut pengertiannya al’ab lughowiyah adalah suatu aktivitas yang memiliki aturan, tujuan, dan mengandung unsur hiburan yang menyenangkan[1] Ada juga yang berpendapat bahwa al’ab lughowiyah adalah permainan dengan meamnfaatkan media untuk mempermudah proses belajar bahasa baik berupa kegiatan yang menyenangkan dan menghibur, atau hanya sekedar memanfaatkan media belajar, baik diselenggarakan dalam kelas maupun diluar kelas[2]

Secara pengertian saja sudah jelas bukan..? bahwa permainan bahasa pada intinya belajar bahasa sambil bermain-main, tapi bermain-mainya ada aturanya, begitu makna mudahnya. 

Dengan demikian maka jika dengan penggunaan permainan bahasa para siswa merasa belajar bahasa arab sambil bermain, tentu membawa kenyamanan bagi siswa, dan sudah pasti menghilangkan kejenuhan dalam belajar. 

Jadi urgensi dari permainan bahasa arab dalam kegiatan pembelajaran adalah membawa kegiatan pembelajaran kedalam suasan yang menyenangkan, sebab umumnya kalau orang sudah merasa seang belajar, maka untuk kemudian materi selanjutnya dapat mereka kuasai, untuk menguasai sesuatu kan perlu senang dulu bukan,..? begitupu untuk menguasai bahasa arab kita harus senang dulu.

Daftar Pustaka.
[1] Hadfiled, Jill.1999. Begginer Comunication Games. Adision Wesley Longman
[2] Abudl Aizz, Nashif Mustafa. 1988. A’lab Lugowiyah Fi Ta’lim al-Lugah al-Arabiyah. Riyadh. Dar al-Murih

Belum ada Komentar untuk "Permainan Bahasa Arab [الألعاب اللغوية] Maksud Dan Urgensinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel