3 ISTRI PANGERAN WALANGSUNGSANG SERTA KETURUNANNYA

Pangeran Walangsungsang atau yang mempunyai julukan sebagai Pangeran Cakrabuana merupakan Putra Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi yang di kemudian hari mendirikan Kesultanan Cirebon bersama Keponakannya Syarif Hidayatullah. 

Menurut Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, selama hidupnya Pangeran Walangsungsang dikisahkan mengawini tiga orang wanita, yaitu (1) Nyai Endang Geulis (2)   Nyai Retna Rasajati. (3) Nyai Retna Riris (Kencana Larang).

3 Istri dan Keturunan Pangeran Walangsungsang

Nyai Endang Geulis

Nyai Endang Geulis merupakan Putri dari Ki Gedeng Danuwarsih, seorang pendeta Budha Parwa (Siwa-Budha), sementara Ki Gedeng Danuwarsih sendiri merupakan putra Ki Gedeng Danusenta, seorang pendeta Siwa Budha dari Gunung Dieng yang telah lama meninggal di Keraton Galuh.


Dari Hasil Perkawinan antara Pangeran Cakrabuana dengan Nyai Endang Geulis melahirkan satu orang keturunan yaitu, Nyai Pakungwati yang dikemudian hari diperistri oleh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). 

Nyai Retna Rasajati


Nyai Retna Rasajati merupakan putri dari Ulama Champa yang bernama  Maolana Ibrahim Akbar atau Syekh Maulana Jatiswara.


Dari hasil perkawinannya dengan Nyai Retna Rasajati, Pangeran Walangsungsang mempunyai 7 orang Putri, yaitu (1) Nyai Laras Konda (2) Nyai Lara Sajati, (3) Nyai Jatimerta, (4) Nyai Jamaras, (5) Nyai Mertasinga, (6) Nyai Cempa, dan (7) Nyai Rasamalasih.

Nyai Retna Riris (Kencana Larang)

Nyai Retna Riris (Kencana Larang) adalah Putri dari Ki Gedeng Alang-Alang, Dari perkawinan ini, Pangeran Walangsungsang mempunyai seorang putra bernama Pangeran Cirebon yang tinggal bersama kakeknya di Cirebon Girang, dan menggantikan kakaknya sebagai kuwu Cirebon Girang. 


Pangeran Caruban menikah dengan Nyi Cupluk, Putri Ki Gedeng Trusmi dan mempunyai seorang putra bernama Pangeran Trusmi yang pada masa kecilnya bernama Bung Cikal, dikenal pula dengan gelar Manggana Jati. 

Belum ada Komentar untuk "3 ISTRI PANGERAN WALANGSUNGSANG SERTA KETURUNANNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel