Pengertian Strategi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Strategi-Istilah strategi berasal dari kata Yunani strategeia, yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jendral. Konsep ini relevan dengan situasi pada zaman dulu yang sering diwarnai perang, dimana jendral dibutuhkan untuk memimpin suatu angkatan perang agar selalu dapat memenangkan perang (Wijayanti, 2012, hal. 61). 

Secara bahasa strategi berasal dari kata strategic yang berarti menurut siasat atau rencana dan strategi yang berarti ilmu siasat (John M. Echols, 2007, hal. 701). Menurut istilah strategi adalah rencana yang cermat mengenal kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (Penyusun, 2005, hal. 423). 

Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh (Suyanto, 2007, hal. 16). Menurut Jaunch and Glueck (Jauch dkk., 1980), strategi merupakan arus keputusan dan tindakan yang mengarah kepada perkembangan suatu strategi yang efektif untuk membantu mencapai sararan perusahaan. Strategi ialah rencana yang disatukan, strategi mengikat semua bagian perusahaan menjadi satu. Strategi itu menyeluruh, strategi meliputi semua aspek penting perusahaan. Strategi itu terpadu, semua bagian rencana serasi satu sama lain dan bersesuaian (Suandy, 2008, hal. 2). Husein Umar (Umar, 2001) 

Mendefinikan strategi adalah adalah sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Sedangkan menurut Hamel dan Prahalad (Hamel & Prahalad, 1990), 

Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremenial (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkna sudut pandang tentang apa yang di harapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dalam pengertian lain, strategi ialah cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan akhir (sasaran atau objective) (Joshi, 2021). 

Strategi harus mampu membuat semua bagian dari suatu organisasi yang luas menjadi satu, terpadu untuk mencapai tujuan akhir (sasaran atau objective) ini adalah masalah kegiatan operasi organisasi (Gluck dkk., 1980). Keberhasilan ialah perpaduan yang baik antara strategi dengan pelaksanaan. Strategi yang baik, pelaksanaan yang buruk akan melahirkan masalah, dan strategi buruk, pelaksanaan baik juga menimbulkan masalah (Abdul Rivai, 2015, hal. 9).

Terdapat 2 perspektif strategi yang bisa diterapkan dalam strategi organisasi, yakni perspektif pertama, strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Dalam lingkungan yang selalu mengalami perubahan, pandangan ini lebih banyak diterapkan. Sedangkan berdasarkan perspektif kedua, strategi didefinisikan sebagai pola tanggapan atau respon organisasi terhadap lingkungannya sepanjang waktu (Wijayanti, 2012, hal. 62). 

Strategi mendeskripsikan arah umum yang akan dituju suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Perusahaan mengembangkan strateginya dengan mencocokkan kompetensi inti dengan peluang industri. Menurut Andrews (Andrews dkk., 2011) strategi digunakan oleh para eksekutif senior untuk mengevaluasi keunggulan dan kelemahan sehubungan dengan peluang dan ancaman yang ada di lingkungan kemudian memutuskan strategi yang menyesuaikan antara kompetensi inti perusahaan dan peluang lingkungan (Rachmat, 2018, hlm. 8).

Manajemen strategis merupakan seni dan ilmu untuk memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memungkinkan suatu organisasi mencapai sasarannya. Proses manajemen strategis meliputi tiga tahapan yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi (Sunjoto, 2011, hal. 51).

Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competition) (Umar, 2008, hal. 33).

Anda kesulitan menyusun Skripsi atau Tesis yang sedang anda buat, kami dapat mengarahkan anda ke Kontak Jasa penyusunan Skripsi, klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Strategi Manajemen Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel