Pengertian Persingan Usaha

Mengurai pengertian persaingan usaha tentu kita harus memahami terlebih dahulu arti dari kata persaingan dan usaha, sehingga apabila keduanya telah ditemukan pengertiannya, maka untuk merekonstuksi pengertian persaingan usaha dapat mudah dilakukan. 

Secara istilah persaingan berarti kegiatan bersaing, pertandingan, kompetisi. Sedangkan dalam kamus manajemen, persaingan adalah usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang masing-masing bergiat memperoleh pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan. Persaingan ini terdiri dari beberapa bentuk termasuk pemotongan harga, iklan dan promosi penjualan, variasi kualitas, kemasan, desain dan segmentasi pasar (Marbun, 2003: 276).

Kemudian kata usaha dalam kamus manajemen yaitu kegiatan yang dilakukan secara terorganisasi dan terarah untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan secara tetap, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok (Marbun, 2003: 284). 

Berdasarkan penjelasan mengenai kedua pengertian persaingan dan usaha sebagaimana yang telah diuraikan dapatlah dimenegrti bahwa yang dimaksud persaingan usaha pada dasarnya adalah kegiatan bersaing antar usaha yang dikelola secara terorganisir. 

Persaingan Usaha yang Baik dan Buruk

Namanya persingan, tentu didalamnya ada yang baik dan buruk, persaingan yang buruk apabila persingan yang dilakukan dengan menggunakan cara-cara buruk yang melanggar norma, adat ataupun hukum yang berlaku.

Sementara yang dimaksud dengan persingan yang baik adalah persiangan yang dilakukan tidak melanggar hukum manapun atau norma-norma yang ada ditengah-tengah masyarakat. 

Oleh karena itu, hendaknya apabila kita membangun suatu usaha, adalah wajar jika melakukan persaingan dengan usaha lain, khususnya usaha yang sejenis, hanya saja, dalam melakukan persaingan usaha tersebut alangkah lebih baiknya dilakukan dengan cara-cara yang baik dan tidak melanggar humum, ataupun norma-norma yang berlaku di masyarakat kita, agar usaha yang kita bangun mendapatkan keberkahan. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Persingan Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel