Keturunan Raden Fatah, Sultan Demak Pertama

Keturunan Raden Fatah, Sutan Demak pertama jumlahnya enam orang keturunan, yaitu lima keturunan berjenis klamin laki-laki dan satu orang keturunan berjenis kelamin perempuan. Keenam keturunan Raden Fatah lahir dari tiga orang istri yang berbeda. Adapun istri-istri Raden Fatah yang dimaksud adalah Putri Sunan Ampel, Putri Rangdusanga dan Putri Adipati Jipang. 

Keturunan Raden Fatah dari Putri Sunan Ampel

Keturunan Raden Fatah dari Putra Sunan Ampel adalah dua orang, yaitu (1) Raden Surya atau Raden Yunus, dikenal pula dengan sebutan Pati Unus ataupun Pangeran Sabrang Lor. Tokoh ini dikemudian hari menjadi Sultan Demak kedua menggantikan kedudukan ayahnya Raden Fatah. (2) Raden Trenggono, tokoh ini nantinya juga menjadi Sultan Demak ketiga menggantikan kedudukan kakaknya yang telah mangkat dalam peristiwa penyerangan Portugis di Malaka. 

Keturunan Raden Fatah dari Putri Rangdusanga

Hasil perkawinan Raden Fatah dengan Putri Rangdusanga menghasilkan dua orang keturunan, yaitu (1) Raden Kanduruwan, dan (2) Raden Pamekas. Dikemudian hari kedua tokoh ini dijadikan penguasa oleh kakaknya Sultan Trenggono di Pulau Madura. 

Keturunan Raden Fatah dari Putri Adipati Jipang

Perkawinan Raden Fatah dengan Putri Adipati Jipang menghasilkan dua orang keturunan, yaitu (1) Ratu nyawa, tokoh yang dikemudian hari dinikahkan dengan putra Sultan Cirebon/Sunan Gunung Jati yang bernama Pangeran Brata Kelana (2) Raden Kikin, yang dikeudian hari melahirkan Arya Penangsang.

Uraian lengkap mengenai keturunan Raden Fatah dapat anda simak melalui penjelasan vidio berikut ini:

Belum ada Komentar untuk "Keturunan Raden Fatah, Sultan Demak Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel