Perang Majapahit Vs Sunda Sebelum Perang Bubat

Pernah terjadi peperangan antara Majapahit Vs Sunda sebelum terjadinya perang Bubat. Perang disebabkan oleh ambisi Gajah Mada yang menghendaki Sunda takluk dibawah kerajaan Majapahit. 

Pada saat Gajah Mada dilantik menjadi Mahapatih Amangkubhumi (Perdana Mentri) Majapahit, ia bersumpah akan melakukan penaklukan Nusantara, salah satu yang mesti ia taklukan adalah Sunda. 

Ketika waktu yang telah ditentukan tiba, Gajah Mada memerintahkan pasukan Majapahit untuk melakukan invasi ke Sunda.

Guna melancarkan invasi, Gajah Mada mengutus dua orang Panglima Perang yang bernama Lěs dan Balĕteng untuk memimpin penyerbuan. 


Ketika hendak melakukan invasi, Prajurit Sunda ternyata sudah menghadang prajurit Majapahit di perbatasan. Sehingga perang besarpun akhirnya berkecamuk.

Dalam pertempuran itu, Panglima Sunda rupanya berhasil membunuh Lěs dan Balěteng, sehingga pasukan Majapahit tanpa komando yang jelas dalam bertempur. Merekapun akhirnya diserang habis-habisan oleh tentara Sunda. 

Bahkan, ketika sebagian Prajurit Majapahit hendak melarikan diri, mereka dikejar oleh pasukan Sunda yang amarahnya sudah memuncak. 

Sebagian prajurit Majapahit yang melarikan diri dihabisi, sementara sisanya menyelamatkan diri dengan melompati jurang. 

Kisah mengenai perang Majapahit Vs Sunda sebelum terjadinya perang Bubat dapat ditemui dalam Kidung Sunda atau Kidung Sundayana. Naskah tersebut merupakan naskah berbahasa  Jawa yang ditemukan di Pulau Bali. 

Pemaparan lebih mendalam mengenai perang Majapahit Vs Sunda dapat anda simak dalam vidio berikut ini;


Belum ada Komentar untuk "Perang Majapahit Vs Sunda Sebelum Perang Bubat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel