Sejarah Desa Bringin Kec Ciwaringin Kab Cirebon

Desa Bringin adalah salah satu desa yang masuk pada wilayah Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon.

Menurut penuturan masyarakat desa itu, bahwa Desa Bringin didirikan oleh para pengikut Bagus Rangin yang dahulu terlibat peperangan dengan Belanda di Kedongdong. 

Pada tahun 1812 hingga 1818 Masehi, di wilayah Kedongdong berkecamuk perang besar, perang terjadi antara pengikut Bagus Rangin melawan penjajag Eropa (Belanda, Prancis, Inggris) yang dibantu penguasa lokal Cirebon.

Perang yang berkecamuk sangat lama itu membuat banyak korban jiwa dikedua belah pihak. Bahkan dalam perang ini penjajah kehilangan banyak uang. Mengingat banyak serdadu penjajah yang didatangkan dari luar Cirebon. Terutamanya dari daerah Sumedang, Karawang dan Madura. 

Meskipun mulanya para pejuang sulit dipatahkan, akan tetapi pada akhirnya penjajah dapat mengalahkannya. Dalam perang penentuan,  penjajah dapat memporakporandakan para pejuang sehingga mereka masing-masing menyelamatkan diri. Saking lelah dan nyamannya istirahat disitu mereka akhirnya ketiduran. 



Selepas kalah dalam pertempuran, para pengikut Bagus Rangin tercerai berai, mereka mengundurkan diri ke berbagai daerah ada yang ke Majalengka, Indramayu dan 40 diantara mereka juga pergi ke hutan yang dikemudian hari menjadi desa Bringin. 

Pada mulanya, selepas menghindari kejaran Belanda, 40 pejuang tersebut berhenti dan beristirahat dibawah pohon Bringin yang sangat rindang. 

Selepas bangun, empatpuluh pejuang itu rupanya nyaman di tempat itu, sehingga mereka memutuskan untuk menetap ditempat itu. Dikemudian hari tempat itu dijadikan desa dan dinamai Bringin, sesuau dengan nama pohon yang dahulu menjadi tempat istirahat ke empatpuluh pejuang itu. 

Kisah lebih detail mengenai sejarah Desa Bringin, dapat anda simak melalaui vidio berikut ini;

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Desa Bringin Kec Ciwaringin Kab Cirebon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel