Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Deskriptif Dengan SPSS

Analisis Deskriptif pada dasarnya adalah analisis yang digunakan untuk menghasilkan data ringkasan penelitian. Didalamnya mengandung mean, standard deviasi, varian, modus dan lain sebagainya. Selain itu didalamnya juga dilakukan pengukuran skewnes dan kurtosis untuk menggambarkan kontribusi data apakah normal atau tidak. 

Analisis deskriptif dalam penyusunan Skripsi dan Tesis biasanya ditampilkan pada bab 4 (Hasil Penelitian dan Pembahasan) di awal bab, yaitu sebagai deskripsi data keseluruhan penelitian yang telah di dapat. Dalam bahasan ini akan dilakukan analisis deskriptif dengan memberikan gambaran data tentang jumlah data minimum, maxiumum, mean dan standard deviasi. 

Langkah-langkah untuk melakukan analisis deskriptif dengan SPSS adalah ebagai berikut:

Persiapkan data yang hendak di analisis, dalam bahasan ini data yang akan di analisis adalah sebagai berikut:

Buka program SPSS di computer anda, kemudian klik variable view, kemudian pada kolom name, ketik data-data sesuai gambar dibawah ini:

Buka halaman Data View, kemudian isikan nilai-nilai tiap-tiap variable sesuai dengan gambar dibawah ini:

Selanjutnya, klik Analyze---Deskriptive Statistic ---Descriptives, sesuai dengan gambar dibawah ini:
Jika udah terbuka, masukan tiap-tiap variabel ke kolom varaiabel (S) sebagaimana gambar di bawah ini:
Klik Option, kemudian centang pilihan sesuai gambar, dilanjutkan dengan klik Continue sebagaimana gambar dibawah ini:
Setelah klik Continue dilanjutkan dengan klik oke, sehingga hasil analisis yang diperoleh sesuai dengan gambar dibawah ini:

Hasil analisis uji deskriptif dengan SPSS di atas berarti: Nilai 15 Responden minimum variabel X1 sebesar 36, Maksimum 54, Mean (Rata-Rata) 41,27 dan Std Beviasi 4,621. Nilai 15 Responden minimum variabel X2 ebesar 38, Maksimum 55, Mean (Rata-Rata) 42,33 dan Std Beviasi 4,546. Nilai 15 Responden minimum variabel Y sebesar 72, Maksimum 108, Mean (Rata-Rata) 821,53 dan Std Beviasi 9,242.

Posting Komentar untuk " Analisis Deskriptif Dengan SPSS"