Pengertian, Fungsi dan Jenis Kamus

Ada beberapa pengertian kamus yang diungkapkan oleh para ahli. Menurut Chaer secara etimologi kamus berasal dari kata qamus yang merupakan serapan dari bahasa Arab yang berarti ‘bergerak mencari’ atau ‘menyelami‘. ‘lautan’ yang identik dengan laut yang sangat luas dan dalam terkandung dalam kata kamus yaitu merupakan penggambaran dari wadah ilmu pengetahuan yang tak terbatas jumlahnya. 

Menurut Kridalaksana, kamus merupakan alat penunjang yang memuat daftar kata atau gabungan kata dengan keterangan mengenai berbagai segi maknanya dan penggunaannya dalam bahasa dan biasanya disusun dengan abjad. 

Menurut Tarigan pengertian kamus adalah alat penunjang yang berisikan kata-kata yang disusun berdasarkan urutan alfabetis yang diberikan makna, penggunaannya, serta cara mengejanya. Selain itu, Tarigan juga menambahkan bahwa kamus adalah tempat penyimpanan pengalaman-pengalaman manusia yang telah diberi nama. Kamus tak hanya memberi informasi mengenai daftar kata, akan tetapi juga makna kata, pengucapan, serta ejaannya. 

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas dapatlah dimengerti bahwa pada dasarnya kamus adalah atu jenis dari alat penunjang, kamus merupakan buku yang berisikan daftar kosakata disertai penjelasan makna yang disusun seara alfabetis, dan kamus juga merupakan alat penunjang dalam meningkatkan kosakata. 

Fungsi Kamus

Menurut Chaer, fungsi kamus dapat dibedakan dari segi tinjauan praktis dan toeretis. Dari tinjauan praktis, fungsi kamus antara lain : (1) mengetahui pelafalan suatu kata, (2) mengetahui makna suatu kata, (3) memberi petunjuk Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), (4) mengetahui pelafalan suatu kata. Dari tinjauan toeretis, kamus berfungsi sebagai penghimpun konsep-konsep budaya dalam suatu kelompok masyarakat. Semakin banyak perbendaharaan kata yang dipakai dalam suatu kelompok masyarakat semakin maju budaya dari masyarakat tersebut. Hal ini dikarenakan kamus merupakan indikator besar-kecilnya kebudayaan dalam masyarakat.

Jenis Kamus

Ditinjau dari jenisnya, para ahli membagi jenis kamus menjadi beberapa jenis, diantaranya jenis kamus berdasarkan ukurannya, berdasarkan penggunaan bahasa, berdasarkan isi dan berdasarkan keistimewaannya. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Jenis Kamus Berdasarkan Ukuran

Kamus yang didasarkan pada ukuran adalah kamus besar dan kamus terbatas. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut;

Kamus Besar

Kamus besar mencakup semua kosakata termasuk istilah, singkatan dan semua bentuk gramatikal dari bahasa tersebut. Sebagai contohya Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bausastra Jawa yang memiliki tingkat kedalaman yang cukup mengenai kosakata dalam bahasa yang dimuatnya

Kamus Terbatas

Kamus berukuran terbatas terbagi dalam kamus saku (misalnya Kamus Saku Bahasa Indonesia) dan kamus pelajar (mis. Kamus Bergambar Indonesia- Inggris). Adapun kamus visual yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu tergolong pada kamus terbatas. Hal ini dikarenakan kamus visual hanya membahas mengenai peralatan dapur saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah dimengerti bahwa jika dilihat dari ukurannya, kamus dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu kamus besar dan kamus terbatas, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jenis Kamus Berdasarkan Penggunaan Bahasa

Kamus bisa ditulis dalam satu atau lebih dari satu bahasa. Dengan itu kamus bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

Kamus Ekabahasa

Kamus ini hanya menggunakan satu bahasa. Kata-kata (entri) yang dijelaskan dan penjelasannya adalah terdiri daripada bahasa yang sama. Kamus ini mempunyai perbedaan yang jelas dengan kamus dwibahasa karena penyusunan dibuat berdasarkan pembuktian data korpus. Ini bermaksud definisi makna ke atas kata-kata adalah berdasarkan makna yang diberikan dalam contoh kalimat yang mengandung kata-kata berhubungan. Contoh bagi kamus ekabahasa ialah Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

Kamus Dwibahasa

Kamus dwibahasa bermaksud kamus yang menggunakan dua bahasa, yakni kata masukan daripada bahasa yang dikamuskan diberi padanan atau pemerian takrifnya dengan menggunakan bahasa yang lain. Contohnya: Kamus Inggris-Indonesia, Kamus Dwibahasa Oxford Fajar (Inggris-Melayu;Melayu-Inggris).

Kamus Aneka Bahasa

Kamus ini sekurang-kurangnya menggunakan tiga bahasa atau lebih. Misalnya, kata Bahasa Melayu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin secara serentak. Contoh bagi kamus aneka bahasa ialah Kamus Melayu-Cina-Inggris Pelangi susunan Yuen Boon Chan pada tahun 2004.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dimengerti bahwa ditinjau dari penggunaan bahasanya, kamus dibedakan menjadi 3, yaitu kamus satu bahasa, dua bahasa dan banyak bahasa atau lebih dari dua bahasa. MAsing-masing kamus mempunyai fungsi dan tujuannya masing-masing. 

Jenis Kamus Berdasarkan Isi

Kamus bisa muncul dalam berbagai isi. Ini adalah karena kamus diterbitkan dengan tujuan memenuhi keperluan gologan tertentu. Contohnya, golongan pelajar sekolah memerlukan kamus berukuran kecil untuk memudahkan mereka membawa kamus ke sekolah. Secara umumnya kamus dapat dibagi kepada 3 jenis ukuran:

Kamus Mini

Pada zaman sekarang sebenarnya susah untuk menjumpai kamus ini.Ia juga dikenali sebagai kamus saku karena ia dapat disimpan dalam saku. Tebalnya kurang daripada 2 cm.

Kamus Kecil

Kamus berukuran kecil yang biasa dijumpai. Ia merupakan kamus yang mudah dibawa.Kamus Dwibahasa Oxford Fajar (Inggris-Melayu;Melayu-Inggris).

Kamus Besar

Kamus ini memuatkan segala leksikal yang terdapat dalam satu bahsaa. Setiap perkataannya dijelaskan maksud secara lengkap.Biasanya ukurannya besar dan tidak sesuai untuk dibawa ke sana sini. Contohnya Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jenis Kamus Berdasarkan Keistimewaan

Kamus istimewa merujuk kepada kamus yang mempunyai fungsi yang khusus. Contohnya sebagai berikut:

Kamus Istilah

Kamus ini berisi istilah-istilah khusus dalam bidang tertentu. Fungsinya adalah untuk kegunaan ilmiah. Contohnya ialah Kamus Istilah Fiqh.

Kamus Etimologi

Kamus yang menerangkan asal usul sesuatu perkataan dan maksud asalnya.

Kamus Tesaurus (perkataan searti)

Kamus yang menerangkan maksud sesuatu perkataan dengan memberikan kata-kata searti (sinonim) dan dapat juga kata-kata yang berlawanan arti (antonim). Kamus ini adalah untuk membantu para penulis untuk meragamkan penggunaan diksi. Contohnya, Tesaurus Bahasa Indonesia

Kamus Peribahasa/Simpulan Bahasa

Kamus yang menerangkan maksud sesuatu peribahasa/simpulan bahasa. Selain daripada digunakan sebagai rujukan, kamus ini juga sesuai untuk dibaca dengan tujuan keindahan.

Kamus Kata Nama Khas

Kamus yang hanya menyimpan kata nama khas seperti nama tempat, nama tokoh, dan juga nama bagi institusi. Tujuannya adalah untuk menyediakan rujukan bagi nama-nama ini.

Kamus Terjemahan

Kamus yang menyedia kata searti bahasa asing untuk satu bahasa sasaran. Kegunaannya adalah untuk membantu para penerjemah.

Kamus Kolokasi

Kamus yang menerangkan tentang padanan kata, contohnya kata 'terdiri' yang selalu berpadanan dengan 'dari' atau 'atas'.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah dipahami bahwa kamus ditinjau dari keistimewaannya isinya, dibagi menjadi tujuh macam, dari tujuh macam kamus istimewa di atas mempunyai fungsi dan tujuan masing-masing sesuai dengan jenisnya. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis Kamus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel