Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran

Secara bahasa media menurut Prastowo (2013: 293), berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Sementara secara istilah media menurut  Sadiman (2008: 6) adalah sebuah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.

Adapun yang dimaksud dengan pembelajaran menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Sedangkan menurut Dimyati dan Mudjiono (Sagala, 2011: 62) yang menyatakan pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.

Berdasarkan penjelasan definisi media dan pembelajaran sebagaimana diuraikan oleh para ahli di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimakud dengan media pembelajaran secara umum adalah perantara atau pengantar dalam kegiatan proses interaksi peserta didik dengan pendidik.

Selain pengertian di atas, lebih lanjut Sudjana dan Rivai (2011: 1) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan media pembelajaran adalah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan sebagai alat bantu mengajar.

Menurut Sanjaya (Prastowo, 2013: 294) media pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu seperti alat, lingkungan, dan segala bentuk kegiatan yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan, mengubah sikap, atau menanamkan keterampilan pada setiap orang yang memanfaatkannya.

Sementra menurut Heinich (Prastowo, 2013: 295),  media pembelajaran adalah perantara yang mengantar informasi dari guru kepada siswa yang membawa pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud pengajaran.

Berdasarkan penjelasan para ahli di atas, dapatlah dipahami bahwa yang dimakud dengan media pembelajaran adalah segala sesuatu, baik itu berupa alat, lingkungan, ataupun kegiatan, yang direncanakan atau dikondisikan secara sengaja yang dapat menyalurkan pesan pembelajaran.

Manfaat Media Pembelajaran

Segala sesuatu termasuk media pembelajaran tentu mempunyai manfaatnya tersendiri. Menurut Arsyad (2002:41) ada empat manfaat media pembelajaran, yaitu:

  1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses hasil belajar.
  2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan motivasi belajar, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi ang lebih langsung antara siswa dan lingkunganya, dan kemungkinan siswa untk belajar sendiri-sendiri sesuai denga kemampuan dan minatnya.
  3. Median pembelajaran dapat mengatasi keterbaasan indera, ruang, dan waktu.
  4. Media pembelajaan dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkunganya misalnya melalui karyawisata, kunjungan kemusium atau kebun binatang.

Sementara itu, manfaat media pembelajaran menurut Sudjana dan Rivai (1991:3) adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
  2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik.
  3. Metode pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
  4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti pengamatan, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.

Adapun menurut Encyclopedia of Education Research (Hamalik, 1994:15) menyatakan bahwa manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Meletakkan dasar-dasar yang konkrit untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
  2. Memperbesar perhatian siswa.
  3. Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar siswa, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
  4. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
  5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
  6. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa siswa.
  7. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah dimengerti bahwa media pembelajaran betul-betul sangat membantu kegiatan pembelajaran, dengan media pembelajaran kegiatan belajar mengajar tampak lebih muda, selain itu dengan media pembelajaran juga meningkatkan motivasi belajar siswa, sebab dengan penggunaan media pembelajaran siswa akan merasa senang dalam belajar. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel