Cara Uji Multikolinieritas-SPSS

Uji Multikolinieritas digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan linier antar variable independen dalam model regresi. Karena dalam model regresi berganda disebutkan bahwa prasyarat yang harus dipenuhi dalam model regresi adalah tidak adanya multikolinieritas.

Uji Multikolinieritas bisa dilakukan dengan bantuan program SPSS, caranya dengan melihat nilai VIF pada model regresi. Apabila VIF lebih besar dari 5, maka variable tersebut mempunyai persolan multikolinieritas dengan variable bebas lainnya.

Cara Uji Multikolinieritas dengan SPSS sangat mudah, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Uji Multikolinieritas memerlukan rekapitulasi data variable X1,X2 dan Y yang telah diperoleh sebelumnya, dalam bahasan ini rekapitulasi data yang telah di dapat contohnya sebagai berikut:
Cara selanjutnya buka program SPSS di Leptop anda, jika tidak punya download di sini : Download SPSS. Jika sudah terbuka maka tampilannya sebagai berikut:
Klik tombol Variabel View pada bagian kanan samping program SPSS kemudian isi keterangan dalam tiap-tiap tabel yang ada sehingga menjadi seperti ini:
Klik tombol Data View pada bagian kanan samping program SPSS kemudian masukan tiap-tiap  nilai variable X1,X2 dan Y pada kolom tabel yang ada sehingga menjadi seperti ini:
Untuk melakukan Uji Multikolinieritas dengan SPSS, caranya klik Analyze kemudian klik Regression, kemudian pilih dan klik Linier. Jika sudah dilakukan dengan benar, hasilnya seperti berikut:
Selanjutnya, masukan variabel Konsep Diri (X1) dan Minat Belajar (X2) ke kolom Independen (s), adapun variabel Prestasi Belajar (Y) dimasukan ke kolom Dependent. Jika sudah dilakukan dengan benar hasilnya sebagai berikut:
Kemudian, klik Statistic, dilanjutkan dengan centang Model Fit, Collinierity diagnistics, Estimates dan diakhiri dengan klik Countinu. Jika sudah dilakukan dengan benar maka hasilnya sebagaimana berikut:

Setelah, klik  Countinu langkah selanjutnya adalah klik Oke, maka hasil Uji Multikolinieritas dengan menggunakan SPSS yang telah dikerjakan jika dilakukan dengan benar hasilnya sebagai berikut:
Berdasarkan hasil analisis di atas, diketahui bahwa nilai VIF Konsep Diri (X1) sebesar 1.030, adapun nilai VIF Minat Belajar (X2) juga sama sebesar 1.030. Ini artinya nilai VIF keduanya lebih kecil daripada 5, dengan demikian hasil Uji Multikolinieritas yang telah dilakukan menunjukan "Variable Konsep Diri (X1) tidak mempunyai persolan multikolinieritas dengan variable Minat Belajar (X2)"

Belum ada Komentar untuk "Cara Uji Multikolinieritas-SPSS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel