Cara Analisis Deskriptif 3 Variabel-SPSS

Analisis Deskriptif penelitian kuantitatif yang didalamnya mengandung 3 Variabel penelitian bisa dilakukan dengan menggunakan SPSS. Cara analisisnyapun cukup mudah.

Cara Analisis Deskriptif 3 Variabel dengan SPSS tidaklah sulit, yang perlu diperhatikan hanyalah pemahaman terhadap langkah-langkah melakukan penghitungannya.

Cara  Analisis Deskriptif 3 Variabel  dengan SPSS baru bisa dilaksanakan apabila penelitian yang sedang anda lakukan membahas memliki data tentang variabel  X1, X2 dan variabel Y yang ingin dideskripsikan.

Contoh: Sebelum analisis deskriptif, peneliti memiliki rekapitulasi data variable X1,X2 dan Y yang telah diperoleh sebelumnya, dalam bahasan ini contohnya sebagai berikut:
Maka, cara selanjutnya adalah buka program SPSS di Leptop anda, jika tidak punya download di sini : Download SPSS. Jika sudah terbuka maka tampilannya sebagai berikut:
Klik tombol Variabel View pada bagian kanan samping program SPSS kemudian isi keterangan dalam tiap-tiap tabel yang ada sehingga menjadi seperti ini:
Klik tombol Data View pada bagian kanan samping program SPSS kemudian masukan tiap-tiap  nilai variable X1,X2 dan Y pada kolom tabel yang ada sehingga menjadi seperti ini:
Untuk melakukan Analisis Deskriptif 3 Variabel  dengan SPSS, caranya klik Analyze kemudian klik Descriptive Statistic, kemudian pilih dan klik Frequencies. Jika sudah dilakukan dengan benar, hasilnya seperti berikut:

Selanjutnya, klik Frequencies dilanjutkan dengan memindahkan semua dara variabel X1, X2 dan Y ke kolom Variabel (s). Jika sudah dilakukan dengan benar hasilnya seperti berikut:

Langkah selanjutnya, klik tombol Statistic dilanjutkan dengan mencentang, mean, median, mode, minimum, maxiumum, range, Std devition, skewnes dan kurtois, kemudian klik Continu, jika yang dilakukan sudah benar hasilnya sebagai berikut:
Setelah itu, untuk menyempurnakan analisis deskriptif, dilakukan analisis lanjutan dengan cara melakukan klik tombol Chart dan ceklis Histogram dan Show Normal Curve on Histogram dilanjutkan dengan klik Continu. Jika dilakukan dengan benar maka tampilannya sebagai berikut:

Hasil analisis Analisis Deskriptif 3 Variabel dengan SPSS setelah klik Continu dan klik Oke apabila sudah dilakukan dengan benar hasilnya sebagai berikut:

1. Hasil Deskripsi 3 Variabel

Nilai hasil analisis deskriptif sebagaimana tabel di atas, kemudian di deskripsikan kedalam bentuk kalimat, caranya dengan meniru atau berpanduan pada sistematika penulisan hasil analisis deskriptif yang berlaku. Berikut ini adalah contoh cara mendeskripsikan hasil analisis deskriptif di atas:

"Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa Responden yang berjumlah 15 siswa mean (Nilai rata-rata) konsep diri yang diperoleh sebsar 43.13, mean minat belajar 44.53, adapun mean prestasi belajar sebesar 47.87. Selanjutnya nilai median dari masing-maing variabel adalah 40 (X1), 40 (X2) dan 44 (Y) dengan St Deviasion masing-masing 3.980 (X1), 9.848 (X2) dan 12.363 (Y)......seterusnya"

2. Hasil Deskripsi 3 Variabel dalam bentuk Poligon Histogram:

a. Konsep Diri (X1)

b. Minat Belajar (X2)

c. Pretasti Balajar (Y)

Cara mendeskripsikan Frequency histogram di atas dapat dilakukan dengan cara berpanduan pada kaidah yang berlaku, atau juga bisa berpanduan pada skripsi, tesis dalam kajian terdahulu yang telah dibuat oleh peneliti sebelumnya. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Analisis Deskriptif 3 Variabel-SPSS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel