Pengertian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Materi IPS senantiasa berkenaan dengan fenomena dinamika sosial, budaya, dan ekonomi yang menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu, dari tempat ke tempat, baik dalam skala kelompok masyarakat, local, nasional, regional, dan global ( BSNP, 2006 : 213 ).

Menurut Winataputra (2008: 1.3) Edgar Bruce Wesley sebagai penggagas awal pada tahun 1937 mendefinisikan tentang studi sosial sebagai ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan. Buku II C dari Kurikulum 1975 untuk SMP  memberikan batasan IPS bahwa“ Ilmu pengetahuan sosial adalah bidang studi yang merupakan paduan ( fusi ) dari sejumlah mata pelajaran sosial. Di SMP mata pelajaran sosial itu adalah : Geografi dan kependudukan, Sejarah, Ekonomi dan koperasi”. Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) 2006 Ilmu Pengetahuan Sosial/ IPS, adalah :

  1. Merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai tingkat satuan pendidikan  SD/MI/SDLB sampai tingkat SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang  SMP/MTs  IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  2. IPS adalah bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan geografi, sejarah, sosiologi-antropologi, dan ekonomi.

Studi yang memperhatikan pada bagaimana orang membangun kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan anggota keluarganya, bagaimana memecahkan masalah, bagaimana orang hidup bersama, bagaimana orang mengubah dan diubah oleh lingkungannya.

Hakikat hasil belajar  IPS adalah untuk menghantarkan siswa menguasai konsep-konsep ilmu-ilmu sosial yang dipilih untuk pembelajaran di sekolah.  IPS dan keterkaitannya untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kata menguasai di sini mengisyaratkan bahwa harus menjadikan siswa tidak sekedar tahu (knowing) dan hafal (memorizing) tentang konsep-konsep  IPS, melainkan harus menjadikan siswa untuk mengerti dan memahami (to understand) konsep-konsep tersebut.

Dari uraian di atas, maka dapat diartikan bahwa hasil belajar  IPS adalah kemampuan siswa tersebut menguasi materi pelajaran  IPS dalam hal ini adalah materi tentang Manusia, tempat, dan lingkungan; Waktu, keberlanjutan, dan perubahan; Sistem sosial dan Budaya; Perilaku ekonomi dan kesejahteraan,  yang sudah diajarkan atau sudah dipelajarinya yang ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh dari tes yang di lakukan. Atau dapat disimpulkan  bahwa hasil belajar IPS merupakan hasil kegiatan pembelajaran  yang dicapai oleh siswa yang meliputi pengetahuan,  keterampilan , dan sikap setelah siswa menyelesaikan suatu program pembelajaran  IPS dalam waktu  tertentu dengan menggunakan alat ukur tes.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel