Model Perkembangan Kognitif Serta Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

Selain memiliki fase perkembangan, kognitif juga mengenal model-model perkembangan didalamnya, karena memang pada hakikatnya kognitif merupakan kemanpuan proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa.

Menurut susanto (Susanto, 2012:23) ada tiga model perkembangan kognitif, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Model Piaget 

Dalam model pigiat perkembangan kognitif manusia bisa di gambarkan dalam konsep fungsi dan struktur.

Model Pemrosesan Informasi

Pendekatan ini bahwa kognitif manusia sebagai suatu sistem yang terdiri atas tiga bagian, yaitu input (usaha mendapatkan informasi),  proses (cara memberikan informasi)  dan output ( berbentuk tingkah laku)

Model Kognisi Sosial 

Model ini menekankan dampak atau pengaruh pengalaman sosial dan hubungan dengan lingkung.

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah dipahami bahwa perkembangan kognitif  bisa didapat dari lingkungan sosial bukan dari sekolah saja, dan bisa berkembang sesuai tingkat usia anak. Semakin banyak diberikan stimulus semakin cepat pula perkembangan kognitifnya, lingkunganlah yg sangat berpengaruh besar dalam pembentukan proses berfikir kognitif. 

Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

Melakukan pengembangan kognitif pada tiap individu tentu berbeda-beda metodenya. Metode pengembangan kognitif untuk anak tingkat SMP tentu berbeda untuk tingkat SMA, begitupun metode pengembangan kognitif untuk anak usia dini.

Menurut Sujiono (2008: 73) metode adalah cara untuk menyampaikan ilmu yang tepat dan sesuai untuk anak usia dini sehingga menghasilkan pemahaman yang maksimal bagi anak didik.

Berdasarkan pengertiannya maka dapat dipahami jika metode pengembangan kognitif banyak macamnya, akan tetapi pada umumnya untuk mengembangkan kognitif anak itu dimulai dari kelurga, juga guru di sekolah yang mengerti akan metode yang digunakan untuk menunjang perkembangan kognitif tersebut.

Macam macam metode yang dapat mengembangkan kognitif anak usia dini  menurut Sujiono (2008: 75) adalah sebagai berikut:

  1. Metode bermain
  2. Metode karya wisata  
  3. Metode eksperimen
  4. Metode tanya jawab
  5. Metode pemberian tugas 
  6. Metode demaonstrasi
  7. Metode sosiodrama    

Berdasarkan macam-macam metode pengembangan kognitif anak di atas, maka untuk mengembangkan kognitif anak dengan bisa dengan  metode drill, karena metode drill  adalah metode yang menggunakan beberapa media sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Belum ada Komentar untuk "Model Perkembangan Kognitif Serta Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel