Manfaat Kunir/Kunyit Untuk Kesehatan

Kunir atau kunyit merupakan akar yang dipercaya bisa menyembuhkan segalam macam penyakit atau keluhan bagian tubuh, tanaman ini biasa tumbuh di Negara dengan cuaca beriklim tropis karenanya kunir atau kunyit ini banyak tumbuh di Asia Tenggara, Afrika dan Australia. 

Khasiatnya yang sangat banyak dan manjur membuat rempah-rempah khas ini diburu dan dikomsumsi sebagai vitamin herbal dan obat-obatan lainya.
 
Misalnya kunir bisa digunakann sebagai obat barus luka, melancarkan darah atau meredakan nyeri Haid, meredakan peradangan penyakit kangker, dapat mengobati Maag, melancarkan gas kentut, menurunkan kadar gula darah pada tubuh, obat pemutih badan, meningkatkan fungsi otak berikut penjelasan sederhana terkait kandungan dan mamfaatnya bagi tubuh :

1. Kunir sebagai obat luka
Kunir bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengeringkan luka yang basah karena kandungan kunir terdapat sifat antiseptic yang dapat membunuh semuah bakteri jahat pada tubuh dan kulit, jika pemakaian rutin maka akan dapat menyembuhkan peradangan, luka, borok, koreng lebih cepat dengan hasil yang memuaskan karena selain untuk mensterilkan luka kunir juga dapat mencerahkan bagian area luka yang membekas jadi sangat bagus jika kunir dipakai secara rutin hingga luka benar-benar hilang dan tidak membekas. Namun penggunaanya cukup ribet karena harus membeli kunir dulu dipasar lalu digerus menggunakan ulegan atau blender, jika tidak mau ribet anda bisa membeli sachetan kunir merek sasa yang dapat langsung dituangkan pada luka basah. 

2. Kunir sebagai pelancar darah atau obat nyeri Haid
Selain untuk membunuh bakteri kunir juga dapat melancarkan darah dan mneyehatkan tubuh, selain itu juga kunir dapat digunakan sebagai pereda nyeri haid bagi wanita sebab kandungan kunir terdapat sifat analgesic yang mampu menenangkan kontraksi atau keram pada tubuh. 

Cara membuatnya cukup mudah yakni blender kunir lalu diambil airnya saja kemudian masukan tambahan gula dan asam jawa untuk memperkaya citra rasa pada kunyit tersebut dan juga memperkaya mamfaatnya. 

Setelah mendidih baru air perasan kunir tersebut bisa diminum dan niscaya khasiatnya sangat baik bagi tubuh dan juga dapat meredakan nyeri atau melancarkan darah, jika ribet anda hanya perlu pergi ke tukang jamu lalu memesan kunir asam yang sudah jadi.

3. Kunir dapat meredakan peradangan penyakit kangker
akar kecil kuning satu ini selain dapat mnejadi antiseptic kunir juga dapat mengobati penyakit kanker secara herbal yang dipercaya dapat menetralisir penyakit dan bakteri yang sedang berkembang dalam tubuh, untuk mengobati kanker dikhususkan menggunakan kunyit putih yang mengandung senyawa kurkumin. 
Cara penggunaanya cukup mudah cukup meminumnya sebagai jamu setiap 3 kali sehari agar proses penyembuhan cepat dan dapat teratasi.

4. Kunir dapat mengobati Maag
Kunyit dapat mengobati sakit lambung atau maag karena kandungan didalam batang kunyit terdapat kandungan Kurkumin, minyak atsiri, demotoksikurkumin, bismideksikurkumin. Kunir dipercaya dapat mengobati maag sebab dapat memperlancar darah atau mengeluarkan bakteri yang terendap hingga menimbulkan asam pada lambung. 
Caranya cukup mudah yakni dengan cara mengambil sari kunyit dengan cara memerasnya hinggal mengeluarkan air , diharapkan bagi yang sedang sakit Maag untuk meminumnya secara rutin agar dapat mengobati rasa sakit didalam perut atau lambung.

5. Kunir melancarkan gas kentut
Kandungan kurkumin yang terdapat dalam badan kunyit dipercaya melancarkan gas kentut bagi perut kembung, sebab kurkumin dapat membantu pencernaan agar tetap bergerak lancar, selain itu kunyit juga dapat mengurangi produksi asam dalam perut yang berlebihan hingga menyebabkan perut menjadi kembung. 

6. Menurunkan kadar gula darah pada tubuh
Kandungan antioksida dalam kuynit dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh atau mengobati penyakit diabetes, selain itu juga jamu kunyit dapat meringankan rasa nyeri osteoarthiritis dan menghilangkan lemak berlebihan dalm tubuh akibat komsumsi gula berlebih. 

Untuk mendapatkan khasiat kunyit untuk penyakit diabetes cukup mudah yakni dengan cara menjus atau membuat jamu berbahan dasar kunyit.

7. Obat pemutih badan
Jika para kaum hawa ingin memutihkan badan dengan bahan alami, cukup dengan rempah kunyit yang dihaluskan dan dibaluri keseluruh tubuh, kunyit dipercaya dapat memutihkan badan dan menghilakan daki ditubuh yang mengendap hingga membuah badan menjadi kusam. 

Cukup digunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun terdapat kekuarang yakni badan akan berubah menjadi kuning sebab warna yang terkandung dalam kunyit akan menempel namun bisa jadi warna yang menempel tersebut menandakan bahwa kandungan kunyit sudah meresap masuk kedalam kulit.

8. Kunir dapat menjadi obat meningkatkan fungsi otak
Kandungan kurkumin dalam badan kunyit asam dapat meningkatkan fungsi otak atau braind-deruved neutropich factor (BDNF), meningkatkan daya stimulasi otak dan memperencer pikiran dan tanggapan. Selain itu juga kunyit dipercaya menjadi tameng tersendiri bagi penyakit yang ingin menyerang otak. 

Penyajianya cukup mudah cukup meminum perasan kunyit setiap minggu atau sehari untuk mencegah tubuh dari beragam penyakit dan memperlancar darah sehingga memberikan kesan sehat dan kuat karena semua badan normal dan sehat. 

Oleh : Anisa Anggraeni Saldin

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kunir/Kunyit Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel