Cara Menghadapi Haid Pertama Kali

Setiap wanita tentu akan menghadapi haid atau mensturasi, akan tetapi pada haid pertama biasanya membuat takut dan bingung. Oleh karena itu perlu cara-cara hususs untuk menghadapi haid pertama. 

Cara menghadapi haid bagi yang baru pertama merasakannya adalah sebagai berikut:

1. Tenang dan jangan berfikir bahwa itu penyakit

Jika anda menghadapi Haid pertama kali, salah satu cara yang utama adalah tetap tenang dan jangan panik. 

Sebagian wanita pada umumnya menganggap bahwa haid  adalah sebuah penyakit. Walaupun tidak ada verifikasi, namun asumsi ini benar adanya yang dihadapi rata-rata perempuan yang pertama kali haid.

Biasanya Haid pertama akan mengagetkan setiap orang yang melihatnya, namun jika anda sudah biasa mendengar hal tentang haid tentunya anda tidak akan panik. 

Semisal teman sebaya anda sudah melalui fase tersebut dan pasti mereka akan cerita membuat hal tersebut umum di telinga anda.

2. Tanya ke teman yang sudah pernah Haid

Jika anda malu untuk bertanya dan memberi tahu kepada orang tua, anda bisa mengkosultasikan kepada teman dekat anda yang sudah pernah mengalaminya. Pastinya dia akan memberi solusi yang terbaik untuk anda.
Cara Menghadapi Haid Pertama Kali

3. Pahami bahwa gejala perut sakit ketika Haid tanda normal

Haid pertama biasanya akan sangat menyakitkan perut, darah kotor yang sudah lama terpendam akan keluar sangat banyak, Pengeluaran tersebut akan terasa sangat sakit. 

Beberapa wanita tidak bisa menahan sakit tersebut, yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengkrompres bagian perut. Hal tersebut akan sedikit membantu keram di perut dan dapat mempelancar proses mentruasi juga.

Selanjutnya sebaiknya jika anda sedang haid, sebaiknya mengganti pola makan dengan makanan yang kaya akan gizi dan mengurangi makanan pedas dan berminyak. Makanan pedas juga dianggap sebagai faktor utama munculnya sakit diperut. Karena pedasnya cabe dapat merusak perut hingga panas, jika makanan tersebut dikomsumsi terus menerus makan akan berdampak buruk yaitu timbul kesakitan yang luar biasa dahsyat saat awal haid. Dan sebainya lebih banyak mengonsumsi buah-buahan.

Minum jamu kunyit Asam, minum jamu kunyit dapat membantu meredakan sakit perut saat haid. Kandunganya dapat memperlancar darah menjadikan tidak ada penyumbatan atau menggumpalnya darah. Jika anda susah untuk mengolah jamu tersebut, anda bisa langsung membelinya di tukang jamu dengan harga yang ekonomis.

4. Menyampaikan ke orang tua

Haid pertama biasanya membuat kita takut dan malu, hal tersebut seperti aib yang sangat besar hingga kita enggan bilang kepada orang tua kita. Yang harus dilakukan adalah berbicara secara 4 mata dengan ibu anda, namun jika anda malu mungkin anda bisa mencari tau dulu bagaimana caranya agar menghadapi haid yang belum pernah anda dapatkan. Namun lebih bagus memberi tahu kepada orang tua, karena orang tua akan memberi cara yang harus anda lakukan dalam menanggulangi haid pertama. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel