Makanan dan Minuman yang Dapat Mencegah Kehamilan

Makanan dan Minuman yang sifatnya dapat dikonsumsi manusia kadang juga dapat berfungsi lebih, tidak hanya dapat memberikan rasa kenyang melainkan juga dapat berpengaruh pada yang lainnya, diantaranya dapat mencegah kehamilan.

Ada beberapa makanan dan minuman yang diidentifikasi oleh para pakar dapat mencegah kehamilan. Pemaparan mengenai makanan dan minuman yang dapat mencegah kehamilan adalah sebagai berikut:

Makanan Pencegah Kehamilan

1. Buah Pepaya

Mencegah kehamilan alami dengan menggunakan buah papaya yang masih mentah dipercaya sebagai cara alami untuk mencegah kehamilan, sejak zaman dahulu buah papaya hijau biasa digunakan sebagai alat kontrasepsi. Namun alat kontrasepsi disini bukan digunakan saat berhubungan. Namun papaya hijau dimakan, kandungan papaya hijau dipercaya ampuh untuk mencegah kehamilan.

Papaya dapat menjadi obat KB yang efektif untuk mencegah kehamilan. Buah papaya yang tidak matang berbahaya karena mengandung pepsins yang bisa memicu kontraksi di Rahim, kontraksi zat pepsins inilah yang bisa memicu terjadinya keguguran pada ibu hamil, papaya muda juga berpengaruh karena mengandung papain yang bisa mengurangi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jika anda dan pasangan tidak suka menggunakan pengaman saat berhubungan seksual, cobalah untuk memakan pepaya dua kali sehari selama 3-4 hari setelah berhubungan seks. Hal itu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Mencegah kehamilan tidak melulu kepada wanita, lelaki juga bisa memakan pepaya untuk mengurangi jumlah sperma, saat berencana mencegah kehamilan. Jangan khawatir, karena jumlah sperma akan kembali normal saat konsumsi pepaya dihentikan.

2. Buah Ara

Buah ara atau disebut juga sebagai buah kering dapat digunakan sebagai salah satu metode pengendalian kelahiran terbaik. Buah satu ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah anda. Makanlah buah ara kering 2-3 buah sehari setelah melakukan hubungan intim untuk mencegah kehamilan. Tapi ingat, jangan makan berlebihan karena dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

3. Juniper Berries atau Kala Jamun

Juniper Berries atau lebih dikenal Kala Jamun, yakni buah yang dipercaya dapat mencegah kehamilan secara alami.  buah kala jamun untuk mengontrol kelahiran. Buah yang satu ini harus dimakan selama tiga hari berturut-turut setelah melakukan hubungan seks.

4. Neem

Neem atau daun mimba, bentuk pohonnya seperti pohon blimbing wuluh. Daunya dipercaya dapat mencegah kehamilan.  Neem biasa digunakan oleh pasangan di India yang ingin mencegah kehamilan secara alami, untuk mencegah kehamilan pada pasangan yang belum ingin memiliki anak. Biasanya tersedia dalam ekstrak daun, minyak, dan masih berupa daun segar.

Minyak neem atau mimba, bekerja membunuh sperma dalam waktu 30 detik jika disuntikkan ke dalam rahim. Sedangkan tablet mimba sendiri dapat meningkatkan sterilitas sementara pada pria.

5. Buah Nanas

Buah Nanas dipercaya masyarakat sebagai buah yang dapat menyebabkan kemandulan, Nanas yang dimaksud adalah Buah Nanas jenis Nanas hijau.  Khasiat nanas dapat mencegah implantasi janin, sehingga dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan disarankan untuk mengonsumsi nanas mentah selama 2-3 hari setelah berhubungan seks.

Kandungan nanas biasa digunakan untuk pengempuk daging. Kandunganya yang keras dapat melunakan atau menghancurkan daging. Memakan buah nanas saat hamil dapat beresiko keguguran karena janin yang lemah akan dengan mudah terurai setelah memakan buah tersebut. Namun jika kehamilan sudah diangka 7 atau 8, sebaiknya anda tidak disarankan mengonsumsi buah tersebut. Ditakutkan bayi yang ada dalam kandungan akan melebur.

Pada ibu hamil sendiri, sangat tidak disarankan mengonsumsi nanas. Salah satu zat di dalamnya dapat melunakkan mulut rahim jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Itu dapat mengakibatkan ibu hamil lebih mudah kontraksi.

6. Ratulu

Ratulu merupakan sejenis umbi liar, yang bisa digunakan sebagai metode alami untuk mencegah kehamilan. Cobalah untuk mengonsumsi ubi liar dua kali sehari secara teratur.   Dibutuhkan satu atau dua bulan, sampai ratulu ini bekerja sebagai obat KB. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan satu hari pun tanpa mengonsumsi buah ini untuk mencegah kehamilan.

Minuman Pencegah Kehamilan

1. Sprite, Fanta, Coco Cola, Minuman Soda

Minuman soda bermerek sprite dipercaya dapat mencegah atau menggugurkan kehamilan. Karena soda yang mengandung zat keras dapat memusnahkan kandungan dengan mudah. Selain berdampak menggugurkan kandungan, minum soda juga dipercaya dapat mencegah kehamilan serta aborsi alami. Namun hingga kini belum terdapat riset yang membuktikan bahwa soda dapat mencegah kehamilan atau mengaborsi.

2. Kiranti

Minuman pelancar haid atau pereda nyeri tersebut dipercaya dapat mencegah kehamilan, karena dipercaya memperlancar haid dan mempersempit ruang pembuahan janin. Wanita dalam kondisi Menstruasi dianggap aman yang mengartikan bahwa tidak ada pembuahan janin dalam perut.

3. Jamu Pengering Peranakan

Jamu Pengering Peranakan dipercaya ampuh untuk mencegah kehamilan atau kebobolan. Namun bagi anda yang belum menikah, jangan mencoba-coba hal tersebut. Sisi negative dari jamu tersebut adalah tidak bisa dikembalikan seperti semula. Keadaan seperti mandul dan Rahim mongering total.

4. Jahe

Dari beberapa sumber menyatakan bahwa jahe dapat memicu keguguran pada usia janin muda. Informasi ini didapat dari seorang ibu, menyatakan bahwa dirinya keguguran setelah memakan jahe. Selain mamfaatnya yang segudang, ternyata jahe berbahaya untuk janin usia muda. Pendapat tersebut dibuktikan pula oleh para dokter.

Jahe dapat menginduksi tubuh, sehingga terjadi menstruasi. Jika anda sudah menstruasi, tandanya anda tidak hamil. Itu alasannya, jahe dipercaya bisa dikonsumsi untuk mencegah kehamilan.
Minumlah satu gelas jahe racikan atau teh jahe kental setiap hari, minuman ini sangat dianjurkan diminum sebelum dan sesudah berhubungan tanpa alat pengaman maupun menggunakanya, untuk jaga-jaga agar tidak kebobolan (hamil).

4. Buah Aprikot

Buah aprikot dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat mencegah implatansi janin.  Tambahkan 100 gram aprikot kering, dan dua sendok makan madu ke dalam gelas berisi air. Rebus campuran bahan-bahan di atas selama 20 menit dan minumlah secara rutin. Selain direbus, anda dan pasangan juga bisa mengonsumsi lima sampai 10 biji buah aprikot sehari setelah berhubungan seksual sampai mendapatkan menstruasi.

5. Kayu Manis

Jika anda atau pasangan anda belum siap untuk mempunyai keturunan, kehamilan dapat di cegah dengan mengonsumsi Kayu manis. Kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang dapat merangsang rahim, dan dapat menyebabkan keguguran. Dimana dampaknya terlihat seperti melakukan aborsi.

Caranya mudah sekali, bersihkan kayu manis lalu rebus dengan segelas air. Tunggu hingga mendidih sampai air nya setengah gelas. Lalu diminum rutin. Namun, kayu manis tidak berfungsi secara instan. Jadi harus dikonsumsi secara teratur untuk jangka waktu yang lama. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan kayu manis sebagai metode mencegah kehamilan yang aman.

6. Asafoetida (Hing) 

Minum jus asafoetida yang dicampur dengan air setiap bulannya, dapat mencegah konsepsi dan mencegah terjadinya kehamilan.

7. Peterseli

Peterseli adalah tumbuhan berwarna hijau, bentuk nya mirip seperti seledri. Selain mamfaatnya yang banyak, perteseli juga dipercaya dapat mencegah kehamilan dini.
Peterseli juga merupakan obat rumahan yang efektif untuk mencegah kehamilan. Ini adalah ramuan ringan tanpa efek samping. Paling baik dikonsumsi sebagai teh.

8. Soba

Soba mengandung 'rutin' yang dapat mencegah implantasi janin. Agar dapat efektif, anda membutuhkan setidaknya 500 gram ramuan soba setiap hari, yang akan bekerja dengan baik sebelum dan sesudah berhubungan seks tanpa kondom. Hal terbaik dari konsumsi soba adalah tidak memiliki efek samping yang membahayakan tubuh.

Baca Juga: Cara Mencegah Kehamilan

Penulis: Anisa Anggraeni Saldin
Editor : Bung Fei

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel