Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan

- Maret 03, 2020
Segala sesuatu tentu ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya, hal tersebut juga sudah menjadi keumuman, begitupun dengan penjualan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan macam-macam banyaknya. Menurut Swastha (2009:129) Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan adalah sebagai berikut:

Kondisi dan Kemampuan Penjual

Transaksi jual-beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibakan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua. Penjual harus dapa meyakinkan kepada embeli agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan oleh konsumen. Penjual harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan yakni:

  1. Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkanan
  2. Harga Produk
  3. Syarat penjualan, seperi: pembayaran, penghantaran barang, pelayanan purna jual, garansi dan sebagainya.

Kondisi Pasar

Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya. Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, pasar pemerintahan ataukah pasar internasional
  2. Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
  3. Daya belinya
  4. Frekuensi pembeliannya
  5. Keinginan kebutuhan

Modal

Apabila barang yang dijual belum diketahui oleh pembeli maka penjual harus memperkenalkan dulu atau membawa barangnya ke tempat pembeli. Untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya sarana serta usaha, seperti: alat transport, tempat peragaan baik di dalam perusahaan maupuun diluar perusahaan, usaha promosi, dan sebagainya. Semua ini hanya dapat dilakukan apabila penjual memilik sejumlah modal untuk itu.

Kondisi Organisasi Perusahaan

Pada perusahaan besar bagian penjualan ditangani oleh orang yang telah ahli dibidang penjualan. Lain halnya dengan usaha kecil yang dimana bagian penjualanya ditangani oleh orang yang juga melakukan fungsi-fungsi lain hal ini disebabkan karena jumlah tenaga kerjanya lebih sediki, sisem organisasinya lebih sederhana, masalah yang dihadapi serta sarana yang dimilikinya juga ditangani sendiri oleh pemimpinan dan tidak diberikan kepada orang lain.

Selanjutnya, faktor lain yang mempengaruhi penjualan seperti periklanan, peragaan, kampanye, dan pemberian hadiah. Untuk melaksanakan promosi diperlukan dana yang tidak sedikit dan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang bermodal kuat, kegiatan ini dilakukan secara rutin, namun sebagian perusahaan lebih berpegang pada prinsip “paling penting membuat barang yang berkualitas baik.

Bilamana prinsip tersebut dilaksanakan maka diharapkan pembeli akan membeli barang yang sama.  Jadi, dalam melakukan kegiatan pasar terhdapat lima faktor yang mempengaruhi terpenuhinya keinginan konsumen akan suatu barang yang di produksi maupun dijual oleh produsen.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search