Contoh Lembar Validasi Tes dan RPP untuk Skripsi dan Tesis

- November 25, 2019
Lembar validasi adalah salah satu instrument penelitian yang digunakan untuk menguji kevalidan suatu instrument penelitian. Lembar validasi di isi oleh seorang validator yang mengerti betul tentang penyusunan instrument penelitian yang baik dan benar.

Dalam kasus ini, apabila seorang mahasiswa melakukan penelitian guna menyusun Skripsi ataupun Tesis yang didalamnya menggunakan instrument Tes dan RPP sebagai bahan pengumpulann data serta kegiatan penelitiannya, maka keduanya terlebih dahulu harus divalidasi oleh ahli, sehingga nantinya instrument tes dan RPP yang digunakan betul-betul layak dijadikan instrument penelitian.

Ahli yang disebut Validator tersebut adalah bisa dari dosen pembimbing Skripsi/Tesis, ataupun tenaga ahli ekternal kampus seperti Guru ditempat penelitian ataupun seseorang yang ditunjuk sebagai pengamat penelitian.

Contoh lembar validasi tes yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
Pada contoh di atas, lembar validasi bertemakan materi “ Al-Madrasah” dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lembar validasi di atas, baru diserahkan kepada validator untuk dinilai benar atau tidaknya selepas peneliti menyerahkan tes yang telah dibuat untuk bahan penelitian kepada validator.

Contoh lembar validasi RPP yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
Pada contoh di atas, Lembar Valiadsi RPP yang dimaksud adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentang “Al-Madrasah” yang sebelumnya dibuat oleh peneliti dan diperlihatkan kepada validator. Catatan pentingnya adalah RPP harus diperlihatkan terlebih dahulu sebelum menyerhkan lembar valiasi RPP kepada validator. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search