Pengaruh Motivasi ARCS Terhadap Hasil Belajar Siswa

- September 22, 2019
PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI  ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Penulis : MUANA KHOTUL KHASANAH

Abstrak

ARCS yaitu Attention (perhatian), Relevance (relevansi), Convidance (kepercayaan diri), Satisfaction (kepuasan). Dalam proses belajar dan pembelajaran keempat kondisi motivasional tersebut sangat penting dipraktekan untuk terus dijaga sehingga motivasi peserta didik terpelihara selama proses belajar dan pembelajaran berlangsung. guru mata pelajaran matematika di MI Salafiyah  Kota Cirbon selalu memberikan motivasi kepada para siswanya, apakah itu motivasi yang berupa perhatian, relevansi, kepercayaan diri dan kepuasan terhadap murid-muridnya, dengan demikian bahwa jika guru mata pelajaran matematika memberikan motivasi-motivasi di atas kepada murid-muridnya, maka secara tidak langsung dalam mengajarkan matematika guru pada dasarnya memberikan dan menggunakan model motivasi ARCS, meskipun secara jelas guru tersebut mengatakan kepada penulis bahwa dirinya belum tahu jika terdapat teori mengenai model motivasi ARCS. Selain daripada itu masih menurut guru yang bersangkutan bahwa hasil belajar matematika siswa-siswa MI Salafiyah Kota Cirebon terhadap mata pelajaran matematika masih tergolong kurang baik, karena dalam setiap kali ulangan atu UTS dan US hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan hasil belajar (nilai) yang baik, meskipun dalam setiap kali guru matematika mengajarkan matematika selalu memberikan motivasi (ARCS) ternyata tetap saja hasil belajar siswa MI Salafiyah terhadap mata pelajaran matematika tergolong lemah.  Berdasarkan hal tersebut peneliti beranggapan bahwa hal di atas adalah merupakan masalah penelitian yang perlu digali lebih dalam, karena seharusnya apabila pemberian motivasi oleh guru terhadap siswa dilakukan secara konsisten maka secara otomatis semangat dan gairah belajar siswa akan meningkat, dan bila semangat akan belajar matematika meningkat maka akan membawa siswa menuju baiknya hasil belajar matematika siswa.

Tujuan penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pemberian motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) yang dilakukan oleh guru Matematika di MI Salafiyah  Cirebon. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap hasil belajar siswa MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika.

Lanadasan teori yang mendasari penulis mengidentifikasi gejala yang sedang terjadi merupakan masalah penelitan adalah bahwa di dalam proses belajar mengajar disekolah. Seorang guru tidak hanya dituntut pandai dalam menyampaikan materi kepada siswa. Akan tetapi dibutuhkan kepandaian dalam  memotivasi siswa agar siswa tertarik dalam belajar. Dan diantara jenis Motivasi yang dapat meningkatkan gairah belajar adalah Motivasi model ARCS.

Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen (Experimental Research) Dengan membagi kelas penelitian menjadi dua kelas eksperimen. Kelas IV A adalah kelas non eksperimen yang belajar dengan pemberian model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan kelas IV B adalah kelas control dengan cara menggunakan model pemberian motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Penelitian eksperimen yang akan dilakukan peneliti dalam penelitian yaitu mengenai pengaruh model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Salafiyah Kota Cirebon.

Setelah mengumpulkan dan menganalisis data-data penelitian telah didapat (1)Pemberian model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) yang dilakukan oleh guru Matematika di MI Salafiyah  Cirebon menurut pandangan responden adalah sangat baik, karena nilai persentasenya rekapitualsi angket berada pada rentang nilai 86%-100%. (2) Hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajarannya adalah Cukup, karena nilai prosentase hasil tes berada pada rentang nilai 56 % - 75 %. Sementara itu, belajar siswa kelas IV MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika tanpa menggunakan model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajarannya adalah Kurang Baik, karena nilai prosentase hasil tes berada pada rentang nilai 40 % - 55 %. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pemberian Model Motivasi ARCS dengan Hasil belajar Matematika Kelas IV di MI Salafiyah Kota Cirebon  Kota Cirebon, krena f hitung (4.868) lebih besar daripada f tabel (4,21.)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search