Pengertian, Tujuan dan Fungsi Bimbingan Konseling

- April 10, 2019
Bungfei.com-Bimbingan konseling tentu mempunyai pengertian, tujuan-tujuanya sendiri, serta fungsinya tersendiri, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai ketiganya. 

Pengertian Bimbingan Konseling

Secara etimologi kata bimbingan merupakan terjemahan dari kata “Guidance” berasal dari kata kerja “To Guide” yang mempunyai arti“menunjukkan, membimbing, menuntun ataupun membantu”.

Definisi bimbingan berarti pemberian bantuan kepada seseorang atau kepada sekelompok orang di dalam membuat pilihan-pilihan secara bijaksanadan dalam mengadakan penyesuaian diri terhadap tuntunan-tuntunan hidup.

Bantuan itu bersifat ”psikis” (kejiwaan), bukan ”pertolongan” finansial, medisdan sebagainya. Dengan adanya bantuan ini seseorang akhirnya dapat mengatasi sendiri masalah yang dihadapinya sekarang dan menjadi lebih mampu untuk menghadapi masalah yang akan dihadapinya kelak kemudian.

Bimbingan merupakan pertolongan yang diberikan seseorang kepada orang lain dalam membuat pilihan, mengadakan penyesuaian, dan dalam memecahkan masalah. Istilah konseling dapat dipahami sebagai bagian dari bimbingan baik sebagai pelayanan maupun sebagai teknik.

Konseling merupakan inti kegiatan bimbingan secara keseluruhan dan lebih berkenaan dengan masalah individu secara pribadi yang dilakukan secara individual antara klien dan konselor.

Dalam kamus konseling dan terapi, konseling diartikan sebagai suatu hubungan profesional yang dilakukan oleh konselor untuk memperjelas pandangannya untuk dipakai sepanjang hidup sehingga klien pada tiap kesempatan dapat menentukan pilihan yang berguna, konseling merupakan suatu proses belajar membelajarkan pada kedua pihak klien dan konselor.

Konseling juga diartikan sebagai upaya bantuan yang diberikan seorang pembimbing yang terlatih dan berpengalaman, terhadap individu-individu yang membutuhkannya, agar individu tersebut mampu mengatasi masalahnya dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu berubah.

Tujuan Bimbingan Konseling

Adapun tujuan adanya bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut:


  1. Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal 
  2. mungkin. 
  3. Mampu memilih memutuskan, dan merencanakan hidupnya secara bijaksana baik dalam bidang pendidikan pekerjaan dan sosial pribadi. 
  4. Mampu mengatasi hambatan serta kesulitan yang dihadapi dalam penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, ataupun lingkungan kerja. 
  5. Memahami dan mengarahkan diri dalam bersikap dan bertindak sesuai keadaan lingkungannya. 
  6. Memelihara dan mencapai kesehatan mental yang positif, menyelesaikan segala sesuatu dengan bijaksana. 

Fungsi Bimbingan Konseling


Adapun fungsi dari bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Pemahaman, yaitu fungsi bimbingan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan peserta didik. 
  2. Fungsi Penyaluran, yaitu membantu peserta didik dalam memilih jurusan  sekolah, jenis sekolah dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat,bakat dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Kegiatan fungsi penyaluran ini meliputi ketentuan untuk memantapkan kegiatan belajar. 
  3. Fungsi Adaptasi, yaitu membantu petugas sekolah khususnya guru untuk  mengadaptasikan program pendidikan terhadap minat, kemampuan dan  kebutuhan para peserta didik. 
  4. Fungsi Penyesuaian, yaitu membantu peserta didik untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangannya secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah. Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan yaitu akan menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam perkembangan secara berkelanjutan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search