Materi Kepemimpinan, Pengertian, Dimensi dan Indikatornya

- Maret 18, 2019
Bungfei.com-Materi kepemimpinan menyangkut beberapa aspek kehiupan sebab dengan mempelajari materi ini kita dapat mengerti mengenai hakikat dari kepemimpinan dalam suatu lemb aga tertentu, apakah itu dalam lembaga-lebaga bisnis, pendidikan, rumah tangga, pemerintahan dan lain sebagainya.

Untuk memahami materi kepemimpinan dengan sempurna maka perlu memahami pengertian, dimensi dan indikatornya, sebab  ketiganya merupakan materi pokok dalam kepemimpinan.

Pengertian Kepemimpinan

Secara pengertiannya, kepemimpinan berasal dari kata pimpin. Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi.  Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah dan tidak akan setiap orang mempunyai kesamaan di dalam menjalankan kepemimpinannya. Selain itu kepemimpinan bermaksud kegiatan untuk memengaruhi perilaku orang lain, atau seni memengaruhi perilaku manusia baik perorangan maupun kelompok (Toha, 2010: 9).

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahan dengan karakteristik tententu sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Dmensi Kepemimpinan

Menurut Hasibuan (2016:171), ada tiga dimensi kepemimpinan ditinjau dari gaya kepemimpinannya, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kepemimpinan Otoriter

Kepemimpinan otoriter atau bisa di sebut kepemimpinan otokratis atau kepemimpinan diktator adalah suatu kepemimpinan dimana seorang pemimpin ber tindak sebagai diktator, pemimpin adalah penguasa, semua kendali ada di tangan pemimpin.

Kepemimpinan Delegatif

Gaya Kepemimpinan delegatif dicirikan dengan jarangnya pemimpin memberikan arahan, keputusan diserahkan kepada bawahan, dan diharapkan anggota organisasi dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri.

Kepemimpinan Partisipatif

Kepemimpinan partisipatif didefinisikan sebagai persamaan kekuatan dan sharing dalam pemecahan masalah dengan bawahan dengan melakukan konsultasi dengan bawahan sebelum membuat keputusan.

Indikator Kepemimpinan

Jika merujuk pada dimensi kepemimpinn yang diasrkan pada 3 gaya kepemimpinan sebagaimana pendapat Hasibuan (2016:171), maka indikator dari dimensi-dimensi tersebut adalah sebagai berikut:

Kepemimpinan Otoriter

Indikatornya adalah wewenang mutlak terpusat pada pimpinan. Keputusan selalu dibuat oleh pimpinan. Tidak ada kesempatan bagi bawahan untuk memberikan saran.

Kepemimpinan Delegatif

Indikatornya adalah pimpinan melimpahkan wewenang lebih banyak kepada bawahan. Keputusan lebih banyak dibuat oleh para bawahan. Bawahan bebas menyampaikan saran dan pendapat.

Kepemimpinan Partisipatif

Indikatornya adalah wewenang pimpinan tidak mutlak. Keputusan dibuat bersama antara pimpinan dan bawahan. Banyak kesempatan bagi bawahan untuk menyampaikan saran dan
pendapat.

Indikator-indikator di atas nantinya dapat digunakan untuk mengukur kepemimpinan jenis apa yang sedang dijalankan dalam sebuah perusahaan, dengan indikator-indikator itu juga nantinya dapat diketahui baik dan buruknya kepemimpinan dalam suatu organisasi tertentu.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search