Pengertian Game Online

PENGERTIAN GAME ONLINE- Secara pengertiannya, Game Online sebenarnya beragam, hanya saja yang dimaksud dengan Game Online menurut Adam & Rollings (2010) adalah permainan (games) yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan online (Internet).

Sementara menurut Partiwi (2012) yang dimaksud engan Game Online adalah  permainan yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui internet. Game Online tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga individu bermain game online tanpa memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan. Hal ini menjadikan gamer tidak hanya menjadi pengguna game online tetapi juga dapat menjadi pecandu game online.
Game Online
Sementara itu, secara jenisnya Game Online dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Massively Multiplayer Online Firts-person Shooter Games (MMOPFPS)

Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, dimana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.

  • Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas dimana pemain harus mengelola satu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun, dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seriAge of empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars)

  • Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG) 

Sebuah permainan dimana pemainnya memainkan peran tokoh- tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial dari pada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari ganre permainan ini The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.

  • Cross-platform online play

Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks). seperti Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. Misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360.

  • Massively Multiplayer Online Browser Game

Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer. Sebuah permainan daring sederhana dengan pemain tunggal dapat dimainkan dengan peramban melalui HTML dan teknologi scripting MTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL). Perkembangan teknologi grafik berbasis web seperti Flash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan “Flash games” atau “Java games” yang menjadi sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan pengaya (plugin) pada sebuah halaman web. Browser game yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.

  • Simulatin games

Permainan jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui stimulasi. ada beberapa jenis permainan simulasi, diantaranya life- simulation games, contruction and managament stimulation games, dan vehicle simulation. Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah second Life.

  • Massively multiplayer online game (MMOG)

Pemain bermain dalam dunia yang berskala besar (>100 pemain), dimana setiap pemai dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama, MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti :
MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game), MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy), MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-Person Shooter) dan MMOSG (Massively Multiplayer Online Sosial Game)

Sejarah Game Online

Berbicara mengenai sejarah Game Online maka tidak terlepas dari kemunculan Teknologi game online sendiri. Diketahui bahwa teknologi ini  berawal dari penemuan metode networking computer tahun 1970-an di militer Amerika.

Pada game online ini pertama kali menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) tetapi sesuai perkembangan teknologi akhirnya game online menggunakan jaringan yang lebih luas lagi seperti www dan world wide web atau yang lebih di kenal dengan internet yang bisa di akses menggunakan nirkabel.

Game online di mulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing. Yang disebut plato, dibuat untuk memudahkan siswa belajar secara online, dimana pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan yang banyak pemain (multiplayer games).

Awalnya game online hanya berbasis game simulasi perang dan pesawat untuk kepentingan militer. Sony, microsoft, dan nitendo mereka merancang suatu interaksi atau sesuatu yang telah diperkirakan oleh pakar pada saat game ultima online keluar pada tahun 1997.

Permainan game online terdiri dari dua unsur utama, yaitu cever dan client. Fungsi cever yaitu melakukan administrasi permainan untuk menghubungkan client, sedangkan client adalah orang yang mengguna atau memakai kemampuan sever games.

Game Online di Indonesia

Menurut (Hartoko, 2010), Game Online di Indonesia datang ke Indonesia melalui berbagai cara, jenis Game ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1997 ditandai dengan kemunculan untima online, kemudian diikuti oleh EverQuest, asheron’s Call, dan game-game lain. Perkembangan game online di Indonesia pernah mengalami penurunan, tanpa munculya game World of Warcraft mampu menarik perhatian pangguna game Online.

Munculnya situs media sosial seperti mySpace, Friendster, Hi5, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, membuat para pembuat game online yang dulunya independen, kini diperbaharui menjadi aplikasi yang diintegrasikan ke berbagai situs pertemanan diseluruh dunia. Salah satunya adalah Zynga. Game Texas Holdem Poker, mafia dan game lainnya yang diintegrasikan ke berbagai situs media sosial.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Game Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel