Awas Ini 6 Dampak Negatif Game Online

- Januari 11, 2019
Bungfei.com-Menurut beberapa penelitian ternyata bermain game Online apakah itu melalui komputer, Hp dan lain sebagainya ternyata ada dampak negatifnya, dampak-dampak ini yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan bahaya dikemudian hari.

Berikut ini penjelasan mengenai dampak negatif bermain game online menurut keterangan beberapa penelitian:
  • Masalah psikologi
Pengguna game online yang mengandung kekerasa dan agresi menunjukkan bahwa dengan paparan singkat (misal 25-30 menit) game kekerasan saat bermain dapat mengakibatkan peningkatan pikiran dan tindakan agresif (Bailey, West, & Anderson, 2009).

Selain itu penggunaan game online yang berlebihan dapat menyebabkan perilaku anti sosial, penurunan interaksi sosial dan penurunan empati.

Penelitian menyimpulkan bahwa setelah seseorang bermain game online yang mengandung kekerasan, pemain menunjukkan adanya penurunan yang signifikan dalam aliran darah otak di korteks prefrontal dorsolateral, korteks temporal, anterior cingulate cortex dan gyrus fusiform. Game yang mengandung kekerasan juga berkontribusi meningkatkan stres.

Pemain game yang mengandung kekerasan memiliki tingkat koherensi jantung yang lebih rendah dan tingkat agresi yang lebih tinggi dibandingkan pemain game non kekerasan.
  • Menyebabkan gangguan muskuloskeletal
Sebuah study yang melibatkan remaja pengguna game komputer dan gejala muskuloskeletal, menyatakan bahwa penggunaan komputer sehari-hari 3 jam atau dapat meningkatkan risiko nyeri pada bagian punggung bawah, cedera tendon (tendinosis) dari tangan dan pergelangan tangan.
  • Menyebabkan masalah kulit
Penggunaan game online yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit seperti adanya kekakuan, tangan chaffed, kutil pada tangan atau lengan. Palmar hidradenitis yaitu gangguan kulit yang disebabkan oleh konsol game, lesi ini berada ditelapak tangan dan jari-jari tangan akibat terlalu lama jari-jari tangan digunakan untuk bermain game.
  • Gangguan Penglihatan (Computer vision Syndrome) 
Penggunaan game komputer yang berlebihan dapat menyebabkan ketegangan mata, sakit mata, sakit kepala, pusing, dan kemungkinan muntah karena terlalu lama berfokus pada layar komputer.
Dampak Computer vision Syndrome
  • Menyebabkan perilaku kecanduan game
Secara Umum kecanduan adalah hal yang kompleks, dalam definisi terakhir kecanduan dibatasi untuk obat-obatan dan komsumsi alkohol, namun baru-baru ini kecanduan diperluas lagi pada perilaku seperti olahraga, seks, perjudian, vidio game dan internet.

Kecanduan game merupakan aktivitas bermain game online yang dilakukan secara berlebihan yang dapat membawa pengaruh negatif pada anak (Sanditaria, 2011).

Frekuensi bermain game online dikatakan tidak perrnah jika kurang dari 2 jam, kadang-kadang 2-4, sering jika 4-6 jam, selalu lebih dari 6 jam. dan tinggi jika menurut Panjaitan (2014).
  • Mempengaruhi Kecerdasan Emosional
Menurut penelitian (Mesgarani & Shafiee, 2013), yang dilakukan kepada 201 mahasiswa yang berada di Iran, bahwa mahasiswa yang mengalami kecandua game online mempengaruhi tingkat kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional menjadi berkurang dan datangnya sifat cuek bagi pecandu game online.
Kecerdasan Emosioanal Menurun
Demikian penjelasan mengenai dampak negatif dari bermain game online, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi anda..!

Baca Juga: Pengertian Game Online


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search