Unsur-Unsur Minat Pada Pembeli

- Juli 16, 2018
Menurut Thamrin dan Sri Mawarti, terdapat empat unsur yang terdapat dalam minat, yaitu (1) perhatian, (2) ketertariakan atau keinginan, (3) kemauan dan (4) perbuatan [1]. Adapun definisi dari keempatnya adalah sebagai berikut:

Perhatian

Perhatian adalah peningkatan keaktifan peningkatan kesadaran seluruh fungsi jiwa yang dikerahkan dalam pemusatanya kepada sesuatu baik yang ada di dalam maupun yang diluar diri kita. Perhatian dapat muncul karena didorong oleh rasa ingin tahu[2]. Adaun menurut Bandura perhatian mencakup peristiwa peniruan (adanya kejelasan,keterlibatan perasaan, tingkat kerumitan, kelaziman, nilai fungsi) dan karakteristik pengamat (kemampuan indera, persepsi, penguatan sebelumnya)[3].

Ketertariakan

Tertarik Mengandung pengertian merasa senang, terpikat, menaruh minat. Tertarik merupakan awalan dari individu yang menaruh minat terhadap suatu obyek.Perasaan senang terhadap suatu obyek akan dapat menimbulkan minat pada seseorang.

Kemauan

Kemauan adalah sebuah kesungguhan hati untuk melakukan sesuatu melalui tindakan nyata dengan penuh tanggung jawab dan konsisten.

Perbuatan

Perbuatan adalah sesuatu yang diperbuat atau dilakukan. Yang mana maksudnya setelah seseorang tertarik kepada suatu obyek atau ktivitas akan mempunyai hasrat untuk melakukanya secara langsung. Dapat dijelaskan kembali mengenai perbuatan adalah suatu tanggapan atau reaksi seseorang terhadap objek tertentu.

Berdsarkan unsur-unsur minat secara umum sebagaimana dijelaskan di atas dapat juga kemudian pahami bahwa unur-unur minat pada pembeli sebelum melakukan kegiatan pembelian pun sama yaitu perhatian pembeli terhadap suatu produk yang ingin dibeli, ketertarikan pembeli terhadap suatu  produk, kemauan terhadap suatu produk  dan puncaknya ditutup dengan perbuatan pembelian dari pembeli atau konsumen terhadap suatu produk yang diminati.

Baca Juga :

Daftar Pustaka

[1]Siti Miftakhul Jannah.2013. Jurnal. Minat Mahasiswa Putri Pko Dalam Mengikuti Ukm Futsal Di Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Universitas PGRI Abdi Buana Surabaya
[2] Sugihartono dkk. 2008 . Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press. hlm 79
[3] Ibid. 101


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search