Sistematika Penyusunan Proposal Skripsi

Proposal Skripsi atau Usulan penelitian untuk skripsi, selanjutnya disebut usulan skripsi atau proposal skripsi, terdiri atas bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Kesemua bagian-bagian tersebut harus disusun dengan sistematis, karena memang pada dasarnya setiap penyusunannya harus menggunakan sistematika penyusunan yang telah digariskan oleh Kampus. Secara umum bagian awal, utama dan akhir dari proposal skripsi adalah sebagai berikut:

1. Bagian Awal

Bagian awal mencakup halaman judul dan halaman persetujuan.
Halaman Judul
  • Halaman judul memuat tulisan “Proposal Skripsi S1”, judul, lambang, nama dan NIM mahasiswa, jurusan, fakultas, dan universitas serta bulan dan tahun pengajuan.
  • Tulisan “Proposal Skripsi S1”.
  • Judul penelitian. Judul penelitian dibuat sesingkat-singkatnya, tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam.
  • Lambang Universitas
  • Nama mahasiswa ditulis dengan lengkap, tidak boleh disingkat. Di bawah nama dicantumkan NIM
  • Nama jurusan asal mahasiswa, nama fakultas, dan nama Universitas
  • Bulan dan tahun pengajuan ditunjukkan dengan menuliskan di bawah tulisan nama Universitas
Halaman Persetujuan
  • Halaman ini berisi persetujuan pembimbing lengkap dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan. Contoh halaman persetujuan dapat dilihat pada Lampiran

2. Bagian Utama


Bagian utama usulan penelitian ini memuat Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Batasan Masalah dan Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Tinjauan Pustaka/Landasan Teori, Kerangka Pemikiran, Hipotesis (jika ada), Metode Penelitian, dan Jadwal Penelitian.

Latar belakang masalah
Suatu masalah selalu berada dalam jaringan gejala lain yang menimbulkan masalah tersebut. Jaringan yang menimbulkan masalah itulah yang merupakan latar belakang masalah. Latar belakang masalah mengemukakan berbagai hal yang mengakibatkan munculnya masalah. 

Disamping itu, latar belakang masalah harus mengemukakan penalaran tentang pentingnya pembahasan masalah atau alasan yang mendorong pemilihan topik. Hal lain yang termuat dalam latar belakang masalah ini adalah perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang sudah dilakukan.

Perumusan masalah
Berbagai permasalahan yang muncul harus diidentifikasi karena suatu masalah tidak pernah berdiri sendiri, melainkan terkait dengan masalah-masalah yang lain. Berdasarkan latar belakang masalah, dapat disusun perumusan masalah. perumusan masalah inilah yang harus dicari jawabannya dalam penelitian yang akan dilakukan. 

Oleh karena kompleksitas permasalahan ini dapat menyulitkan peneliti, peneliti perlu melakukan pembatasan masalah agar kedalaman analisisnya tetap terjaga. Setelah masalah dibatasi, langkah berikutnya adalah membuat rumusan masalah.

Masalah yang dapat dirumuskan dengan jelas sudah merupakan separuh jalan menuju perolehan jawaban. Perumusan masalah secara jelas dan eksplisit harus dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan sehingga dapat lebih mengundang pemikiran ke arah jawaban yang akan dicari melalui penelitian yang dilakukan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian
  • Tujuan penelitian merupakan upaya pokok yang akan dikerjakan didalam tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Tujuan penelitian berupa jawaban terhadap permasalahan yang telah dirumuskan dalam perumusan masalah.
  • Manfaat penelitian adalah kegunaan penelitian. Disini peneliti harus menyebutkan dengan jelas kegunaan penelitian yang akan dilakukan. Kegunaan penelitian antara lain untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pamecahan masalah berkaitan dengan topik yang sedang diteliti baik secara teoretis dan praktis.
Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka memuat uraian sitematis tentang hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Bahan pustaka  yang digunakan untuk acuan skripsi adalah disarankan 50% dari jurnal terbaru (lima tahun terakhir) dan sisanya buku teks.  

Penyajian tinjauan pustaka hendaknya menunjukkan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan pada penelitian terdahulu. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. 

Semua sumber yang dipakai harus dicantumkan. Pencantuman sumber dilakukan secara Harvard, yaitu dengan mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan. .

Kerangka Pemikiran
Kerangka pemikiran merupakan argumentasi teoritik sehingga penelitian mungkin dilakukan, yang didasarkan pada teori-teori yang telah diberikan pada tinjauan pustaka.

Hipotesis
Hipotesis merupakan kesimpulan kerangka pemikiran, memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari kerangka pemikiran atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi dan masih harus dibuktikan kebenarannya. 

Jawaban sementara ini ditemukan dari teori-teori yang dikaji yang dengan kerangka pemikiran tertentu diramu dan diarahkan untuk dapat dirumuskan. Hipotesis pada dasarnya merupakan suatu duagaan. Dengan demikian, hipotesis bisa terbukti benar atau salah.

Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Metode penelitian merupakan langkah operasional cara penyelesaian masalah berdasarkan kerangka pemikiran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadwal Penelitian
Dalam jadwal penelitian ditunjukkan :
  • Tahap penelitian,
  • Rincian kegiatan pada tiap tahap, dan
  • Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahapnya.

3. Bagian Akhir


Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka dan lampiran (jika ada).

Daftar Pustaka
Daftar pustakan merupakan daftar buku, artikel dalam jurnal, artikel dalam proseding seminar, atau artikel dalam kumpulan karangan (antologi), atau sumber lain yang digunakan sebagai acuan didalam pengumpulan data, analisis/pembahasan, atau penyusunan usulan penelitian. Daftar pustaka merupakan persyaratan suatu karya ilmiah. Daftar pustaka ini disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama.

Buku
Pustaka yang berupa buku ditulis secara berturut-turut nama penulis, tahun terbit, judul buku, jilid, edisi, penerbit dan kota tempat buku itu diterbitkan. Antara nama penulis, tahun terbit, judul buku dan penerbit dipisahkan dengan tanda titik. Antara penerbit dan kota terbit dipisahkan dengan tanda koma. Nama penulis ditulis tanpa gelar, penulis dengan nama lebih dari 1 kata, nama pertama atau kedua disingkat sedang nama terakhir ditulis lengkap tanpa dibalik. 

Artikel dalam jurnal, prosiding atau majalah

Artikel dalam jurnal ditulis secara berturut-turut nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume (Vol), nomor halaman (No) (jika ada) dan halaman (Hal). Judul artikel ditulis miring, sedangkan nama jurnal ditulis biasa. Antara penerbit dan kota terbit dipisahkan dengan tanda koma. Nama penulis ditulis tanpa gelar, penulis dengan nama lebih dari 1 kata, nama pertama atau kedua disingkat sedang nama terakhir ditulis lengkap tanpa dibalik. 

Buku lembaga
Buku lembaga adalah buku yang dikeluarkan oleh sutu lembaga (pemerintah, swasta, perusahaan) yang ditulis oleh suatu komisi, panitia atau asosiasi tanpa menyebutkan penulis individu. Pustaka yang berupa lembaga seperti ini disebutkan secara berturut-turut nama lembaga (sekaligus penerbit), tahun terbit, judul buku, penerbit dan kota terbit.

Buku anonim
Buku anonim adalah sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit tertentu tanpa menyebutkan penulisnya. Pustaka yang berupa buku anonim seperti ini jangan disebut dengan istilah anonim melainkan langsung dengan judul, tahun terbit, penerbit dan kota terbit.

Internet
Nama penulis/Nama perusahaan atau lembaga, tahun (bila ada), alamat website, dan tanggal download.

Lampiran
Dalam lampiran (jika ada) terdapat data, keterangan atau informasi yang diperlukan  mengenai pelaksanaan penelitian, misalnya kuisioner. Lampiran ini sebagai pelengkap usulan penelitian.

Untuk mengetahui Contoh Proposal Skripsi dan tata cara penyusunannya baca dalam artikel kami yang berjudul " Contoh Propsal Skripsi Dan Tata Cara Penyusunannya ". Jika anda tidak punya waktu dalam melakukan penyusunan skripsi kami membuka jasa penyusunan Proposal skripsi, adapun ketentuan dan tata caranya dapat anda pahami di SINI.

Belum ada Komentar untuk "Sistematika Penyusunan Proposal Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel