Sitematika Penulisan Proposal Skripsi

- Mei 21, 2018
Sistematika Penulisan Proposal Skripsi-Prosposal Skripsi merupakan Rancangan Skripsi awal yang diajukan mahasiswa kepada fakultas/jurusan  pada kampus tertentu sebelum mahasiswa tersebut resmi di ijinkan untuk membuat Skripsi. Dalam hal ini biasanya kampus menugaskan dosen yang ditunjuk untuk membimbing dan menilai apakah Proposal tersebut layak di terima atau ditolak. 

Dengan demikian maka yang dimaksud dengan Proposal Skripsi adalah gambaran utuh mengenai Skripsi yang akan diajukan, apabila Proposal Skripsi ini telah disetujui dan di ACC dalam seminar Proposal Skripsi, maka kemudian status Proposal tersebut ditingkatkan menjadi Skripsi.
Proposal Skrisi didalamnya harus memuat tiga unsur pkok dalam Skripsi yaitu (1) unsur-unsur yang ada dalam BAB I Skripsi, seperti latar belakang penelitian, identifikasi maslah, tujuan dan manfaat penelitian dan lain sebagainya (2) Unsur-unsur yang ada dalam bab II skripsi, yaitu teori-teori yang berkaitan dengan judul, akan tetapi penulisan teori-teori dalam proposal ini hanya ringkasannya saja, tidak dituliskan secara komplit sebgaiamana dalam bab II skripsi. (3) Unsur-unsur yang ada dalam bab III skripsi, yaitu mengandung langkah-angkah ataupun metode yang nantinya digunakan dalam penelitian. 

Secara umum didialam proposal Skripsi mengandung bahasan-bahasan sebagai berikut:
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Identifikasi Masalah
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
  5. Kajian Teoritis
  6. Jadwal Penelitian
  7. Metodologi Penelitian
  8. Sistematika Penulisan
Dari beberapa tema atau bahasa di atas, itu dapat digolongkan menjadi tiga yaitu (1) bagian I, Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Dan Manfaat Penelitian. Judul-judul tersebut merupakan unur-unsur yang diambil dalam bab I skripsi (2) bagian II, Kajian Teortitis, judul tersebut merupakan unsure dari bab II skripsi, dan (3) bagian III, Dasar-Dasar Pemikiran, Jadwal Penelitian dan Metodologi Penelitian, merupakan unsur-unsur yang diambil dalam bab III skripsi adapun Sistematika Penulisan adalah cirri khas tersendiri dalam Proposal, ia tak masuk dalam unur bab-bab manapun dalam skripsi. 

Selanjutnya, dalam penulisan Proposal Skripsi, sistematikanya tergantung aturan yang berlaku di tiap-tiap kampus, sebab dalam hal ini biasanya kampus mempunyai standar tersendiri dalam penyusunan prosposal Skripsi. Akan tetapi secara umum sistematika penulisan proposl Skripsi adalah sebgai berikut:
  • Proposal ditulis dengan menggunakan Font Times Roman ukuran 12, line atau spasi proposal adalah 1,5 cm, sementara kertas yang digunakan adalah kertas A4 dengn ketebalan 80 cm.
  • Proposal menggunakan penomoran A. 1. a. 1). a). Dengan tanpa judul dalam lembar pertama Proposal.
  • Judul Proposal terlebih dahulu harus di ACC dosen pembimbing, dengan kata lain tidak boleh membuat Proposal sebelum judul Proposal Skripsi tersebut di setujui dosen pembimbing. 
Untuk lebih memahamkan anda mengenai sistematika penulisan proposal yang baik dan benar lihat Contoh proposal skripsi dibawah ini:

Perhatian bagi anda yang menggunakan HP, aktifkan rotasi layar HP anda, dan lihat file dibawah ini dengan rotasi miring, agar seluruh file dapat terlihat dengan sempurna.


Demikianlah bahasan menganai sistematika penulisan proposal skripsi yang pada umumnya berlaku dikampus-kampus ternama di Indonesia, meskipun demikian perlu anda pahami bahwa ada juga model proposal yang berbeda dengan model proposl yang telah bung fei jelaskan di atas, karena memang jenis Proposal Skripsi itu banyak macamnya, akan tetapi keumuman seperti itu, seperti yang telah dijelaskan bung fei.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search