Cara Membuat Skripsi Dari Awal Hingga Akhir

- Mei 18, 2018
Cara Membuat Skripsi-Bagi mahasiswa tingkat akhir tentu membuat Skripsi adalah sebuah keharusan, sebab Skripsi merupakan syarat bagai seorang mahasiswa untuk dapat memperoleh gelar sarjana yang sedang diperjuangkan.

Banyak mahasiswa yang masih kesulitan dalam membuat Skripsi, faktor utamanya bisanya karena tidak adanya panduan tata cara pembuatannya, oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana tata cara pembuatan Skripsi dari awal hingga akhir.
Skripsi secara garis besar terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal, isi dan lampiran. Bagian awal Skripsi terdiri dari:
  1. COVER
  2. LEMBAR JUDUL
  3. LEMBAR PENGESAHAN
  4. KATA PENGANTAR
  5. DAFTAR ISI
  6. DAFTAR TABEL
  7. DAFTAR GAMBAR
  8. DAFTAR LAMPIRAN
Untuk membuat bagian awal Skripsi dengan baik dan benar, tentunya diharuskan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Kampus, sehingga dengan berpatokan pada peraturan itu nantinya mahasiswa tidak akan disalahkan oleh dosen pembimbing Skripsi yang bersangkutan.

Meskipun bagian awal Skripsi tersebut merupakan tampilan awal dalam sebuah Skripsi akan tetapi perlu dipahami bahwa pembuatan bagian awal Skripsi itu pada prakteknya belakangan, yaitu dibuat setelah selesainya bembuatan Skripsi. Kecuali cover,dan daftar isi karena memang Cover Skripsi dibuat bersamaan dengan pembuatan Proposal Skripsi.

Bagian Isi Skripsi terdiri dari :
  • BAB I. PENDAHULUAN
Bab I dalam sebuah Skripsi didalamnya diberikan judul Pendahuluan, karena memang dalam bab I ini merupakan pendahuluan dari sebuah penelitian. Karena sifatnya sebagai pendahuluan maka dalam bab I dibahas mengenai hal-hal yng berkaitan dengan pendahuluan dalam penelitian, yaitu:
  1. Latar Belakang  Penelitian
  2. Identifikasi Masalah
  3. Rumusan Penelitian
  4. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
  5. Jadwal Penelitian
  6. Sistematika Penulisan
Demikianlah isi bab I yang terdapat dalam Skripsi, tapi perlu anda pahami bahwa Isi Bab I dalam tiap-tiap kampus umumnya berbeda, hanya saja kandungan isi Bab I di atas merupakan kandungan terkomplit, jadi kalau ada salah satu sub judul yang tidak ada dalam peraturan di kampus anda maka tinggal dihilangkan saja.
  • BAB II. KAJIAN TEORITIS
Bab II dalam Skripsi didalamnya berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan penelitian, adapun garis-garis besar yang terdapat dalam bab II adalah :
  1. Teori-Teori Yang Berkaitan dengan Judul
  2. Penelitian Terdahulu Yang Mirip dengan Judul Penelitian
  3. Dasar-Dasar Pemikiran, dan Hipotesis Penelitian
  • BAB III. METODOLOGI PENELITIAN
Pada umumnya tema dalam bab III Skripsi adalah metodologi penelitian, yaitu suatu cara atau metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian, dari mulai penggunaan metode dalam melaksanakan penelitian sampai pada tata cara menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian.

Dalam bab III skripsi pada umumnya mengadung pembahasan tentang :
  1. Metode Penelitian
  2. Desain Penelitian
  3. Sumber Data dan Data
  4. Populasi Dan Sampel
  5. Instrumen Penelitian
  6. Metode Pengumpulan Data
  7. Teknik Analisis Data
  • BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab IV merupakan bab yang membahas mengenai hasil penelitian, dalam bab ini peneliti menuliskan hasil penelitian yang telah didapatkan, apakah itu didapat melalui angket, tes dan lain sebagainya untuk kemudian diletakan pada bab IV.

Dalam bab IV ini secara umum didalamanya mengandung bahasan tentang hasil penelitian sesuai dengan pertanyaan penelitian yang terdapat dalam rumusan penelitian pada Bab I. Jadi kalau pertanyaan penelitiannya 3 maka hasil penelitiannya harus 3 juga.
  • BAB V. PENUTUP
Bab V dalam sebuah skripsi merupakan bab terakhir atau penutup Skripsi, oleh karena itu dalam bab V Skripsi, di dalamnya dibahas mengenai :
  1. Kesimpulan
  2. Saran-Saran
Kesimpulan merupakan ringkasan hasil penelitian dalam bab IV, sementara yang dimaksud dengan saran-saran adalah saran peneliti yang dituliskan untuk dapat dibaca oleh lembaga, maupun orang-orang yang yang berkaitan dengan penelitian.

Bagian Lampiran Skripsi
Lampiran dalam sebuah Skripsi diletakan pada bagian paling belakang Skripsi, dalam  bagian ini didalamnya terdiri dari:
  1. Daftar Pustaka
  2. Instrumen Penelitian
  3. Hasil Hitung-Hitungan
  4. Dan Hal-Hal Lain Yang Perlu dilampirkan
Demikianlah cara membuat Skripsi ringkas yang perlu dipahami pembaca, untuk melihat berbagai jenis Skripsi yang berlaku di Indonesia bisa anda Download sendiri dibawah ini:
Contoh Skripsi PAI UIN Malang
Contoh Skripsi Manajemen UNDIP
Contoh Skripsi Hukum UNSOED
Contoh Skripsi Bahasa Indonesia UIN SUKA
Contoh Skripsi Bahasa Arab IAIN Purwokerto
Contoh Skripsi Biologi UMS


EmoticonEmoticon

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search