Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku-Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prialaku, faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

Faktor-faktor predisposisi (predisposing factors)

Merupakan faktor yang terwujud dalam kepercayaan, keyakinan nilai-nilai dan juga variasi demografi, seperti : pengetahuan, status, umur, jenis kelamin dan susunan. Faktor ini bersifat dari dalam diri individu tersebut.

Faktor-faktor pemungkin (enabling factors)

Merupakan faktor pendukung yang terwujud dalam lingkungan fisik, termasuk di dalamnya adalah berbagai macam sarana dan prasarana, misal : dana, transportasi, fasilitas, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya.

Faktor-faktor pendukung (reinforcing factors)

Faktor ini meliputi : faktor sikap dan perilaku tokoh masyarakat, tokoh agama, sikap dan perilaku petugas termasuk petugas kesehatan, undang-undang peraturan-peraturan baik dari pusat maupun pemerintah daerah yang terkait dengan kesehatan. , (Notoatmodjo, 2003: 128)

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku digolongkan menjadi tiga macam, demikian pula dengan prilaku sehat dimungkinkan dipengaruhi oleh ketiga faktor-faktor tersebut. Dan salah satu faktornya adalah pengetahuan yang masuk pada faktor predisposisi.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel