Buah Pinang Untuk Obat Asam Lambung

Buah Pinang Untuk Obat Asam Lambung-Buah pinang banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk obat asam lambung. Buah pinang memang sudah digunakan secara turun temurun untuk obat asam lambung sejak lama, meskipun demikian belum ada penelitian dari sudut ilmu kedokteran.

Buah Pinang yang dijadikan sebagai obat asam lambung oleh orang-orang tua tempo dulu hingga sekarang adalah bijinya. Biji buah pinang terlebih dahulu dipisahkan dari kulitnya kemudian direndam, setelah itu buah tersebut dipecah menjadi beberapa bagian.

Setelah terpecah, biji buah pinang direbus bersama air. Setelah masak air tersebut kemudian di saring dan didinginkan kemudian diminum. 

Begitulah cara orang tua-tua terdahulu mengobati penyakit asam lambung. Pengobatan cara tradisional semacam ini populer sejak lama dikalangan masyarakat pulau Jawa dan Sumatra. 

Identifikasi Khasiat Biji Pinang dan Kaitannya dengan Asam Lambung

Berdasarkan dari beberapa sumber pengobat tradisional, diketahui beberapa khasiat buah pinang adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Buah pinang diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini berkat kandungan zat antibakteri dalam buah pinang yang dapat membunuh bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi.

Buah ini pun digunakan secara tradisional untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

2. Menurunkan tekanan darah

Kandungan zat tannin dan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini menjadikan buah pinang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

3. Mencegah dan mengatasi anemia

Buah pinang juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah pinang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia.

Selain mengonsumsi buah pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

4. Menambah energi

Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang tersebut bermanfaat untuk menambah energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pinang juga disebut dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata, seperti glaukoma.

Meski demikian, belum ada riset yang menyebutkan bahwa buah pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai obat herba untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika hendak menggunakan buah pinang sebagai pengobatan.

5. Melancarkan pencernaan

Buah Pinang, terutama bijinya secara tradisional untuk membunuh parasit, seperti cacing, di dalam saluran cerna. Buah pinang juga dapat merangsang pergerakan usus dan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit.

Berdasarkan salah satu khasiat buah pinang yang terakhir, yaitu no 5 di atas,  maka dapat dipastikan ada kaitan antara buah pinang dan asam lambung, sebab sebagaimana diketahui, asam lambung adalah penyakit pencernaan yang diakibatkan oleh gangguan pencernaan seperti lambung luka dan usus yang terkena bakteri.

Selain itu, penyakit asam lambung juga mengakibatkan perut kembung dan sembelit, maka dapat dipastikan jika biji pinang yang digunakan oleh orang-orang tradisional tempo dulu memang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung, yaitu mengobati dengan cara membunuh parasit dalam pencernaan dan mengobati kembung dan sembelit dalam perut. 

Belum ada Komentar untuk " Buah Pinang Untuk Obat Asam Lambung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel