Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Kata sejarah kini sudah menjadi kata yang identik dengan materi pembelajaran, maka tidaklah mengherankan bagi orang-orang tertentu membicarakan sejarah dianggap sedang membicarakan mata pelajaran sejarah.

Penyempitan makna kata “Sejarah” yang demikian itu tidak lepas dari usaha para pendidik di dunia, ketika mereka menjadikan sejarah sebagai mata pelajaran yang harus diajarkan di sekolah-sekolah maka mulai saat itulah makna sejarah berubah menjadi makin spesifik dan khusus.

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, Sejarah dapat diartikan sebagai silsilah, asal-usul (keturunan), atau kejadian yang terjadi pada masa lampau. Sedangkan para ahli mengemukakan definisi Sejarah antara lain sebagai berikut.
Sejarah adalah suatu studi yang telah dialami manusia diwaktu lampau dan telah meninggalkan jejak diwaktu sekarang, di mana tekanan perhatian diletakkan, terutama dalam pada aspek peristiwa sendiri. Dalam hal ini terutama pada hal yang bersifat khusus dan segi-segi urutan perkembangannya yang disusun dalam cerita Sejarah (I Gede Widja,1989: 9).

Sejarah adalah gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu (Sartono Kartodirdjo,1982: 12).

Sejarah menurut (Gazalba, 1981: 13) adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan, yang memberi pengertian tentang apa yang telah berlalu.

Dari beberapa pengertian sejarah di atas maka dapat disimpulkan bahwa Sejarah adalah ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian atau peristiwa pada masa lalu manusia serta merekontruksi apa yang terjadi pada masa lalu. Dengan adanya pembelajaran Sejarah pada siswa maka dapat membantu siswa dalam memahami perilaku manusia pada masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel