Manfaat Memahami Kewirausahaan

Menurut Saiman (2009: 43) kewirausahaan adalah hal-hal atau upaya-upaya yang berkaitan dengan penciptaan kegiatan atau usaha atau aktivitas bisnis atas dasar kemauan sendiri dan atau kemampuan sendiri.

Memahami kewirausahaan jelas memiliki manfaat, apalagi untuk calon wiarausaha. Dengan memahami Kewirausahaan seseorang dapat mengambil manfaat yang besar untuk membangun usahanya.

Pemahaman pada kewirausahaan sebetulnya berkaitan dengan baik dan buruknya pengetahuan kewirausahaan seseorang. Dan untuk mengetahuinya dapat dilihat dari  indikatornya, diantara indikator seseorang tersebut baik pengetahuan kewirausahaannya apabila ia memiliki kompetensi yang menyangkut pemahaman terhadap kewirausahaan.

Hal tersebut senada dengan apa yang diungkapkan Michael Harris dalam Suryana (2014:81) wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai pribadi, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan.
Indikator baiknya pengetahuan seseorang pada pengetahuan kewirausahaan menurut Suryana (2014; 81) adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan mengenai usaha yang akan dirintis.
  2. Memiliki pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab.
  3. Memiliki pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri.
  4. Memiliki pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis.

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah dipahami bahwa indikator pengetahuan kewirausahaan mencakup penguasaan pada usaha yang akan dirintis, pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab, pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri serta pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis yang akan digeluti.

Jika pengetahuan tersebut dapat dikuasai oleh seorang wirausahawan maka sudah dapat dipastikan manfaatnya juga akan dirasakan oleh pengusaha yang bersangkutan, diantara manfaat Memahami Kewirausahaan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Usaha yang dirintis tidak menemui kendala yang berarti, karena usaha tersebut dibangun berdasarkan perhitungan yang tepat.
  2. Peran dan tanggung jawab karyawan maupun pendiri usaha telah diatur sangat baik sehingga tidak akan membuat manajemen usaha menjadi buruk.
  3. Kemampuan dalam mengelola usaha meningkat seiring meningkatnya kemampuan mengelola kepribadian diri maupun orang lain dalam usaha. 
  4. Manajemen bisnis akan tercipta dan berjalan dengan baik karena direncanakan dan dijalankan dengan matang berdasarkan pengetahuan kewirausahaan yang telah dipelajari.
Memahami penjelasan di atas, maka manfaat memahami kewirausahaan wajib dilakukan oleh calon usahawan, agar kegiatan usaha yang digelutinya dapat berkembang dan maju. 

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Memahami Kewirausahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel