Cara Membuat Definisi Operasional Variabel Penelitian

Secara istilah yang dimaksud dengan definisi operasional adalah definisi yang diberikan kepada suatu variabel dengan cara memberikan arti atau menspesifikasikan kegiatan atau memberi suatu operasional yang diperlukan untuk mengukur variabel tersebut.

Karenanya, untuk mendefinisikan oprasional variable, cara yang pertama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu judul penelitian yang ada kemudian menggunakan teori dalam bab II guna membentuk oprasional variable.

Contoh, dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tema pnelelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen” (Studi Kasus Konsumen Rocket Chicken Cabang Kedawung Cirebon).

Maka variable yang di dapat dari judul di atas adalah sebagai berikut:

Variabel Bebas (Independen)

Variabel bebas atau Independen adalah merupakan variable yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variable dependen (terikat) (Sugiyono, 2018: 39). Dalam penelitian ini variable bebas adalah Kualitas Pelayanan (X1) dan Kualitas Produk (X2).

Variable Terikat (Dependen)

Variabel Terikat atau Dependen adalah pariabel yang di pengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variable bebas (Sugiyono, 2018: 39). Dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen (Y).

Kepuasan Konsumen adalah Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Kotler dan Keller (2012:117)

Definisi operasional variabel penelitian ini kemudian diuraikan menjadi Indikator Empiris (IE) yang di dasarkan pada teori tentang kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepuasan konsumen.
Dalam penelitian ini, oprasional varaiabel yang dihasilkan adalah sebagaimana tabel berikut:

Oprasional Variabel Kualitas Pelayanan (X1) 

Oprasional Variabel Kualitas Produk (X2)

Oprasional Variabel Kepuasan Konsumen (Y)

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Definisi Operasional Variabel Penelitian "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel