Pengertian dan Fungsi RPP dalam Pendidikan

Istilah RPP sering kita dengar dalam dunia pendidikan, bagi mahasiswa yang mengambil Jurusan Pendidikan dan Keguruan tentu harus memahami pengertian dan fungsi RPP, bahkan juga harus dapat membuatnya sendiri.

RPP sebutlanya kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Adapun pengertian RPP adalah media atau instrument berupa lembar kerja yang tertulis dalam sebuah kertas dimana didalamnya memuat tulisan tentang rencana pelaksanaan pembelajaran.

RPP di dalamnya harus mengandung judul yang jelas, metode, teknik serta media yang digunakan dalam pembelajaran, langkah-langkah selama kegiatan pembelajaran, waktu pembelajaran serta materi yang akan diajarkan.

Memahami pengertian RPP sebagaimana dijelaskan di atas, maka dapat juga dipahami bahwa fungsi RPP sebetulnya sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran seorang guru hendaknya terlebih dahulu harus mengajar berdasarkan metode, langkah, waktu dan materi yang sebelumnya telah di rancang, sehingga nantinya kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan tepat sasaran, efektif dan tepat waktu.

Guna memahami bagaimana susunan dan penulisan RPP yang baik dan benar, penulis menyuguhkan contoh RPP sebagaimana berikut:


Download Contoh RPP

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi RPP dalam Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel