10 Cara Merawat Daerah Kewanitaan

Merawat daerah kewanitaan penting dilakukan agar wanita senantiasa sehat, dapat beraktiitas nyaman dan percaya diri. Berikut ini adalah 10 Cara Merawat Daerah Kewanitaan yang penulis rekomendasikan.

1. Membersihkan vagina dan sekitarnya secara rutin

Kebanyakan wanita malas dalam menghadapi  hal yang sepele, seperti membasuh vagina. Kenyataanya membersihkan daerah kewanitaan secara rutin itu perlu lohh.  Terutama Pembersihan  kulit sensitive yang harus menggunakan kosmetik kecantikan khusus agar daerah kewanitaan mendapat tingkat keasaman (Ph) yang normal, bersih dan sehat.

Setelah pembersihan, wajib dikeringkan dengan handuk atau tisu. Tujuanya agar tidak lembab dan tidak tumbuh jamur karena lembab.

2. Mencukur bulu kemaluan seperlunya

Mencukur bulu memberikan mamfaat yang dapat melindungi vagina dari bakteri dan kotoran, gesekan dan keringat. Bulu yang tidak terurus juga dapat menyebabkan penyakit jamur karena lembab. Jadi para wanita harus rajin membersihkan jika tidak mau mencukur bulu.

3. Menggunakan Pembersih daerah kewanitaan untuk gatal

Gatal bagian daerah kewanitaan tentunya sangat mengganggu dan menjengkelkan bagi sebagian wanita, apalagi wanita yang beraktivitas diluar ruangan atau kerja. Kegatalan memberikan sensasi atau mendorong untuk menggaruknya namun terhalang oleh rasa malu. Berikut beberapa obat untuk gatal area vagina:

Krim anti jamur

Jika vagina infeksi, anda dapat mengoleskan krim anti jamur yang tersedia di apotek. Biasanya krim anti jamur dijual beserta aplikator khusus agar takaran krimnya sesuai dosis yang dianjurkan. Sentuhan tangan juga harus steril yang sudah di cuci sabun terlebih dahulu agar tidak menyalurkan bakteri.

Clrotrimazole

Krim yang dapat menghentikan perkembangan jamur penyebab infeksi pada vagina. Obat Clotrimazole berguna sebagai obat gatal, caranya mudah dengan cara oleskan krim Clotrimazole kedalam vagina dan area kulit bagian luar. Krim dioleskan sebelum tidur sampai gatalnya atau jamurnya hilang. Pengolesan harus rutin, agar dapat hasil yang sempurna.

Butoconazole

Butoconazole harus di damping dengan resep dokter. Karena obat ini terbilang ampun dan juga terdapat efek samping yang dapat membahayakan vagina anda, antara lain rasa terbakar di vagina setelah krim di oleskam. Iritasi pada vagian setelah krim di oleskan dll. Cara pengolesanya mudah dengan cara di oleskan ke dalam vagina dan area luar yang butuh perlindungan. Pengolesan dianjurkan pada malam hari sebelum tidur. Karena syarat obat ini setelah di oles adalah jangan bergerak agar obat berkerja efektif.

Micanazole

Selain obat yang tadi dipaparkan, obat micanazole juga menjadi obat utama yang dapat mengurangi rasa gatal area vagina anda. Namun jika setelah pengolesan mengalami alergi ataupun bengkak sebainya anda konsultasi kepada dokter kulit.

Tiocanozole

Krim Tiocanozole dapat mengurangi rasa gatal, jamur atau keputihan. Obat Tiocanozole dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan meredakan infeksi.

Supositoria anti jamur

Supositoria adalah obat padat yang dimaksukan kedalam lubang vagina. Obat akan meleleh dan melunak kemudian larut. Sebelum pengunaan obat ini sebainya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu.

4. Menggunakan Jamu untuk pembersih kewanitaan

Jamu untuk pembersih wanita dapat kita temukan di tukang jamu. Biasanya jamu berbentuk bubuk yang harus diseduh dan diminum. Kandunganya dapat membersihkan bagian dalam vagina yang tidak dapat kita sentuh.

Bahan dapur

Selain bahan-bahan medis, ada juga bahan-bahan yang  mudah digunakan dan tidap perlu keluar rumah. Bahan ini biasanya ada di dapur.

Air Bawang Putih 

Ketika vagina dan area kewanitaan anda gatal dan perih, anda bisa menggunakan air bawan putih. Caranya rebus bawang putih, kemudian air dari bawang putih dapat digunakan untuk mencuci area vagina. Kandungan bawang putih seperti senyawa belerang bawang putih yang dipercaya dapat memberikan antibiotic, anti-inflamasi, dan anti jamur. Air bawang putih juga dapat mengobati radang pada area vagina dan mengatur Ph di vagina anda.

Minyak Kelapa dan Vitami E

Minyak kelapa dan Vitamin E dipercaya dapat mengobati radang area kewanitaan. Kandungan Minyak kelapa terdapat anti mikroba dan anti jamur, jika terus digunakan dapat mengurangi gatal dan perih.

Lidah buaya dan minyak pohon teh

Gel lidah buaya dipercaya dapat memberikan pemadaman radang di area vagina, minyak pohon the juga dipercaya dapat mencegah jamur di area vagina. Kandunganya yang dapat difungsikan sebagai anti mikroba.

5. Melakukan cara khusus untuk menjaga daerah kewanitaan agar tetap wangi

Cara menjaga daerah kewanitaan agar tetap wangi dengan cara-cara alami, adalah dengan cara menjaga vagina agar tetap kering niscaya akan menghilangkan bau akibat jamur. Jaga pola makan yang sehat dan seimbang niscaya akan mengeluarkan urin yang tidak baud an berdampak baik bagi vagina dan kesehatan tubuh. Cuci vagina dengan cara yang benar, mencuci vagina tidak bisa sembarang karena harus dengan ritme pengusapan yang benar, pembersihanya juga tidak hanya bagian luar akan tetapi diharuskan bagian dalam vagina karena biasanya terdapat sisa-sisa kotoran yang mengendap dan itu pemicu utama vagina gatal.

6. Hindari hal-hal yang berbahaya untuk area kewanitaan anda

Sebenarnya daerah kewanitaan atau mis V memang mempunyai ciri khas bau seperti itu. Anda tidak usah repot-repot mencari kosmetik yang dapat membuatnya wangi buah dan bunga. Jika hal itu di paksakan maka akan membuat vagina rusak karena tidak sesuai kodrat.

7. Cara merawat daerah kewanitaan menurt islam

Belum ditemukan hadist merawat organ intim wanita, namun cara yang tidak melanggar syariat Islam adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang di uraikan sebelumnya. Dan juga menggunakan bahan-bahan alami dan halal tentunya.

8. Cara menjaga daerah kewanitaan agar tetap rapat 

Cara alami yang dapat mengencangkan vagina agar tetap rapat dengan cara senam kegel, senam kegel adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga vagina tetap sehat dan kencang. Senam kegel dapat mengontraksi otot dasar dibagian pelvis selama lima detik, kemudian melepaskanya dengan rileks. Ulangi sebanyak 100 kali, lakukan setiap 3 kali sehari.

9. Menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk wanita yang belum menikah 

Berikut daftar sabun pembersih wanita, dapat digunakan yang sudah menikah dan sebelum menikah, sebagai berikut:
  • Resik-V Khasiat Ramuan Madura Whitening
  • Sabun kewanitaan Absolute Hypoallergenic
  • Scion Feminine Wash
  • Betadine Feminine Hygiene
  • Corine De Farme Body and Intimate Care
  • Femfresh Intimate Hyfiene
  • Sumber Ayu Ramuan Kayu Rapet Manjakani
  • Lactacyd Feminine Hygiene
  • Sebamed Feminine Intimate Wash
  • Biolane Pour Elle Shooting Gel Intimate Hygiene

10. Menggunakan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan

Bahan alami untuk menghilangkan bau daerah kewanitaan dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih dipercaya dapat mensterilkan daerah intim.

Kandungan daun sirih dapat mencegah timbulnya jamur di area vagina,  caranya mudah sekali, dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih kemudian direbus dengan 1 gelas lalu angkat jika airnya sudah setengah segelas. Setelah itu di siramkan ke area vagina dipercaya dapat mensterilkan dan menghilangkan berbagai macam jamur.

Penulis: Anisa Anggraeni Saldin
Editor : Bung Fei

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel