Metode Penelitian Survey dalam Skripsi

Menurut Singarimbun (2009:3), bahwa : “Metode survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.” Melihat pernyataan di atas, metode survey merupakan metode pengumpulan data yang menggunakan instrumen angket untuk memperoleh jawaban dari responden.

Sementara itu Surakhmad (2005:140) mengemukakan bahwa metode survey dengan analisis deskriptif mempunyai ciri-ciri: (1) Merumuskan diri pada pemecahan masalah yang ada pada waktu sekarang pada masalah yang aktual. (2) Data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dijelaskan kemudian dianalisis (karena itu metode ini sering disebut metode analitik).”

Memahami penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan metode survey adalah metode yang instrument utamanya menggunakan angket, baik instrument untuk variable bebas (X), maupun untuk variable terikat (Y).

Contoh Penelitian Skripsi yang Menggunakan Metode Survey

Salah satu Mahasiswi bernama “Widya” melakukan penelitian dengan judul :”Hubungan Antara Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikam Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon”

Dilihat dari judulnya, maka penelitian di atas dapat menggunakan metode survey untuk melakukan penelitian, karena untuk mendapatkan data mengenai Pemberian Reward Dan Punishment juga untuk mendapatkan data mengenai motivasi siswa seluruhnya bisa dilakukan dengan cara menyebarkan instrument angket/kusioner.

Untuk menerapkan metode survey dalam kasus penelitian di atas, perlu adanya desain penelitian sebab seorang peneliti yang akan melaksanakan penelitian  ia harus membuat rancangan terlebih dahulu. Rancangan tersebut diberi nama desain penelitian.

Menurut Arikunto (1992:41), bahwa yang dimaksud “desain penelitian adalah rencana atau rancangan yang di buat oleh peneliti, sebagai ancer-ancer kegiatan yang akan dilaksanakan”.

Pada kasus penelitian di atas, maka  desain penelitian dilakukan dengan cara penyebaran angket terhadap seluruh responden yang dijadikan sampel dalam penelitian. Angket tersebut terbagi ke dalam dua variabel, yaitu variable bebas (X1-X2) dan variable terikat (Y), variabel X1 (Pemberian Reward) X2 (Pemberian Punishment) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa).

Dari kedua variabel tersebut kemudian diolah untuk memperoleh kesimpulan tentang hubungan antara variabel X1,X2 dengan variabel Y. Adapun gambaran desain penelitan dalam penelitian ini adalah sebagaiamana berikut:
1
Rumus utama yang digunakan untuk melakukan analisis desain multiple correlate dengan desan survey di atas adalah PPM (Pearson Product Momen) linier berganda dan bisa juga menggunakan rumus Regresi linier berganda.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel