Pengertian Terapi Bermain Dalam Dunia Kesehatan

- Maret 27, 2019
Bungfei.com-Dalam dunia kesehatan terkadang penanganan penyakit serta dampak yang ditimbulkan penyakit pada pskologi seseorang dapat dikurangi bahkan dihilangkan melalui terapi bermain, melalui terapi tersebut diharapkan penderita dapat menjadi sehat kembali.

Ditinjau dari pengertiannya terapi bermain, tersusun atas dua kata dasar, yaitu terapi dan bermain. Terapi menurut kamus Bahasa Indonesia adalah usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit, pengobatan penyakit, atau perawatan penyakit.

Adapun kata bermain berasal dari kata main yang berarti perbuatan untuk menyenangkan hati (yang dilakukan dengan alat-alat kesenangan atau tidak) misalnya bola, gundu, layang-layang dan lain-lain. Sedangkan bermain dalam kamus bahasa Indonesia berarti melakukan sesuatu dengan alat dan sebagainya untuk bersenang-senag.

Bermain menurut Hurlock merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan kesenangan, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Bermain dilakukan secara suka rela dan tidak ada paksaan. Kegiatan ini tidak memiliki peraturan lain kecuali yang ditetapkan oleh pemainnya sendiri.

Sementara menurut Joan Freeman dan Utami Munandar, bermain merupakan suatu aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan utuh, baik secara fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional. Adapun menurut Hughes bermain merupakan hal yang berbeda dengan belajar dan bekerja. Menurutnya suatu kegiatan dapat dikatakan bermain, apabila telah memenuhi lima unsur, yaitu:

  1. Memiliki tujuan, artinya permainan tersebut dapat menghasilkan kepuasan bagi pemainnya.
  2. Memilih dengan bebas dan atas kehendak sendiri, tidak ada paksaan dalam melakukan aktivitas bermain.
  3. Menyenangkan.
  4. Mengkhayal untuk mengembangkan daya imajinatif dan kreativitas.
  5. Melakukan secara aktif dan sadar.

Berdasarkan keterangan dari para ahli di atas, penulis menyimpulkan bahwa bermain merupakan aktivitas menyenangkan yang dilakukan oleh seseorang tanpa paksaan dengan tujuan tersirat untuk mencapai perkembangan yang utuh baik fisik, intelektual, moral, dan emosional.

Sementara itu yang dimaksud dengan terapi bermain, menurut Andriana terapi bermain adalah penerapan sistematis dari sekumpulan prinsip belajar terhadap suatu kondisi perilaku yang bermasalah atau dianggap menyimpang dengan melakukan suatu perubahan serta menempatkan anak dalam situasi bermain.

Sementara Landerth mendefinisikan terapi bermain sebagai hubungan interpersonal yang dinamis antara anak dengan terapis profesional dalam prosedur terapi bermain yang menyediakan materi permainan yang dipilih dan memfasilitasi perkembangan suatu hubungan yang aman bagi anak untuk sepenuhnya mengekspresikan dan eksplorasi dirinya (perasaan, pikiran, pengalaman, dan perilakunya) melalui media bermain.

Sedangkan International Assosiation for Play Theraphy menyebutkan bahwa terapi bermain adalah penggunaan secara sistematik dari model teoritis untuk memantapkan proses interpersonal dimana terapis bermain menggunakan kekuatan teraupetik permainan untuk membantu konseli mencegah atau menyelesaikan kesulitan-kesuliatan psikososial dan mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Berdasarkan beberapa penjelasan menurut para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan terapi bermain adalah proses penyembuhan atau pemberian bantuan yang dilakukan secara sistematis oleh seorang terapis kepada konseli guna membantu anak meminimisir kesulitannya dan meraih fungsi pengembangan potensi anak secara optimal dalam bidang fisik, intelektual, emosi, dan moral melalui aktivitas menyenangkan berupa permainan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search