Pengertian Smartphone dan Karakteristiknya

- Maret 28, 2019
Bungfei.com-Dalam dunia komunikasi sekarang ini kebanyakan orang tidak bisa lepas dari smartphone, tapi meskipun kita sudah akarab dengan benda yang satu ini kadang juga kita tidak mengerti mengenai pengertian dan karakteristik dari smartphone, lalu apa sih arti smartphone dan apa saja karakter sehingga benda tersebut layak dinamakan smartphone..? Begini penjelasannya;

Pengertian Smartphone

Ditinjau dari pengertiannya Samartphone (Ponsel pintar) adalah telepon gengam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer dan contoh manfaat smartphone dari sisi software adalah tersedianya layanan akses data.

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh setiap Smartphone untuk memungkinkan penggunanya terhubung dengan konektivitas internet setiap saat dimanapun mereka berada. Layanan akses data pada Smartphone adalah bermanfaat untuk keperluan browsing, Email, Chating hingga posting.

Contoh berikutnya manfaat dari segi banyaknya aplikasi yang tersedia pada sebuah smartphone. Ponsel pintar (Smartphone) adalah perangkat yang tidak hanya sekedar digunakan untuk melakukan sms, menerima dan menjawab panggilan saja, hadirnya pusat aplikasi pada setiap ponsel pintar, maka ponsel cerdas (Smartphone) kini dapat dimanfaatkan sebagai pendukung bisnis, sarana belajar dan sarana hiburan atau game.

Meskipun demikian belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA.

Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa kemana-mana membuat kemajuan besar dalam pemroses, ngingatan, layar dan sistem operasi yang diluar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini. Belum ada kesepakatan dalam industri ini mengenai apa yang membuat telepon menjadi “pintar”, dan pengertian dari telepon pintar itu pun berubah mengikuti waktu.

Karakteristik Smartphone

Smartphone memiliki beberapa karakteristik yang umum, karakteristik-karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mobile OS

  • Mobile OS yang sering digunakan pada smartphone adalah Symbian OS, iPhone OS, Windows Mobile OS, RIM Blackberry, Linux, Palm OS, Android.

2. Open Source
3. Web Feature
4. Enhanced Hardware
5. Mobile PC

  • Pada umumnya smartphone memiliki prosesor yang cukup tinggi., selain itu memiliki penyimpanan memori yang besar dan memiliki RAM tambahan yang cukup besar seperti sebuah PC desktop atau laptop.

6. Technology support

Ke enam karakteristik di atas itulah kemudian yang secara umum dianggap sebagai Smartphone, karena selain dapat digunakan dengan mobile, karakteristi-karaketristik di atas itu dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan aktifitas komunikasi, bisnis, hiburan dan lain sebagainya hanya melalui genggaman tangan. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search